alexametrics

SDM dan Ketahanan Pangan, Program Utama Tiga Paslon Pilbup Sidoarjo

22 Oktober 2020, 13:48:35 WIB

JawaPos.com – Semua pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Sidoarjo siap menatap pilkada 2020. Mereka sudah mempunyai program unggulan untuk bisa menarik hati warga Kota Delta pada 9 Desember mendatang.

Paslon nomor urut 1 Bambang Haryo Soekartono dan M. Taufiqulbar (BHS-Taufiq) tidak sekadar ingin memajukan pembangunan infrastruktur, tapi juga peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Tujuannya, mewujudkan kesejahteraan semua lapisan masyarakat.

Menurut Ketua Tim Pemenangan BHS-Taufiq Cahyo Harjo, peningkatan kualitas SDM merupakan pilar penting eksistensi suatu daerah atau korporasi. Karena itu, mereka menjamin peningkatan kualitas hidup SDM. ’’Baik sandang, pangan, maupun papan yang murah dan ketersediaannya cukup,’’ katanya.

Sementara itu, cabup dari PKB Ahmad Muhdlor Ali berfokus di bidang pertanian. Kemarin dia menyapa para petani sekaligus meninjau lahan persawahan di Desa Wonokarang, Kecamatan Balongbendo.

Anak KH Agoes Ali Masyhuri itu ingin tahu langsung apa saja keluhan para petani di sana. Kedatangannya disambut baik oleh warga. Perwakilan kelompok tani Desa Wonokarang, Suntono, pun curhat. Petani Desa Wonokarang sering kekurangan pupuk bersubsidi. Sementara itu, harga pupuk nonsubsidi mahal hingga Rp 260 ribu. Padahal, setiap 1 hektare sawah, dibutuhkan 3 kuintal pupuk. Saat ini hanya ada jatah 1,3 kuintal. ’’Kami sangat berharap kepada Gus Muhdlor ketika jadi bupati nanti dapat memenuhi kebutuhan pupuk bersubsidi untuk petani,’’ ujar Suntono.

Saat musim panen pun, petani harus meminjam traktor. Dampaknya, pengerjaan molor karena harus menunggu giliran pinjaman. Setelah mendapat banyak curhatan, Muhdlor berjanji memperhatikan kebutuhan petani. Termasuk menjamin ketersediaan pupuk, traktor, dan pengukuran kesuburan tanah.

’’Ke depan, pemerintah harus hadir dan responsif dengan menyediakan teknologi traktor kepada setiap kelompok tani. Termasuk menambah jatah pupuk bersubsidi untuk petani,’’ katanya. Pendistribusian pupuk juga perlu diawasi agar tidak ada penyelewengan.

Sebagai antisipasi harga beras yang anjlok ketika musim panen, dia juga bertekad menjaga stabilitas harga. Muhdlor punya gambaran agar di desa juga ada BUMDes yang dapat menampung hasil produksi petani.

’’Para petani juga wajib diberi edukasi agar tidak sembarangan dalam menjual hasil tani. Juga asuransi bagi petani,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ahmad Rofi’i, wakil ketua timses kemenangan paslon nomor urut 3 Kelana-Astutik, mengatakan, pihaknya berusaha maksimal merangkul semua elemen masyarakat Kota Delta hingga level paling bawah. Mulai ulama, pendidik, hingga komunitas seni dan budaya.

’’Menuju pesta demokrasi ini, kami sudah menyiapkan program untuk menjadikan sumber daya manusia (SDM) unggul, Sidoarjo makmur,’’ jelasnya.

Program tersebut, antara lain, pemulihan ekonomi dalam kondisi pandemi Covid-19. Paslon nomor urut 3 berfokus pada ketahanan pangan yang meliputi penguatan pertanian, perikanan, perindustrian, dan ekonomi kerakyatan (UMKM) yang terkoneksi dengan bisnis berbasis start-up (digitalisasi marketing).

’’Ada juga pasar tradisional ke pasar modern yang terintegrasi,’’ jelasnya. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : may/uzi/oby/c19/diq



Close Ads