Proyek Saluran Tepi Jalan Pahlawan Ditarget Tuntas Akhir November

22 September 2022, 20:42:17 WIB

JawaPos.com- Pengerjaan proyek pencegahan banjir di Surabaya terus dikebut. Salah satu titik pemasangannya adalah Jalan Pahlawan. Pemkot menargetkan pengerjaan saluran tepi jalan itu sudah selesai pada akhir November.

Koordinator Rayon Genteng Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Agung Wibisono menyatakan, pengerjaan saluran di Jalan Pahlawan merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi genangan air di Jalan Semarang dan sekitarnya. Nanti saluran tersebut bermuara di Rumah Pompa Pahlawan. ”Jadi, saat hujan tiba, tidak ada genangan air,” jelasnya.

Pengerjaan dilakukan pada malam hari, sejak pukul 22.00 hingga pukul 05.00. Tujuannya, menghindari kepadatan lalu lintas dan mengganggu aktivitas perniagaan di Jalan Pahlawan. Saluran itu memiliki kedalaman 2 meter dan lebar 2 meter.

Proyek saluran tersebut mulai dikerjakan pada pertengahan Agustus lalu. Tidak ada pengalihan arus lalu lintas selama pengerjaan saluran. ”Hanya dipasang rambu-rambu untuk memperingatkan pengendara saat melintas,” ujarnya.

Dia mengakui, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam pengerjaan saluran tersebut. Salah satunya, banyaknya jaringan utilitas di jalan tersebut. Karena itulah, pengerjaan harus dilakukan secara teliti. ”Saat ini progres pengerjaannya masih sekitar 45 persen,” kata Agung kemarin (21/9).

Guna mengantisipasi rusaknya jaringan utilitas, sebelum pengerjaan, petugas berkoordinasi dengan PLN dan PDAM. Jadi, saat pengerjaan, ada pendampingan dari dinas terkait.

Agung menyampaikan, pengerjaan terus dikebut agar rampung sesuai dengan target. Dia mengimbau pengguna jalan untuk berhati-hati ketika melintasi Jalan Pahlawan.

Kepadatan lalu lintas memang terjadi di area sekitar proyek. Terutama saat sore. Meski badan jalan yang termakan proyek tidak sampai setengah lajur, efeknya sangat terasa karena para pengendara harus mengurangi laju kendaraannya. Mereka harus berhati-hati dengan material proyek yang sebagian menjorok ke jalan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ata/c14/ady

Saksikan video menarik berikut ini: