alexametrics

Mujiaman Sapa Warga, Siap Bangun Daya Saing Dimulai dari Pasar

22 September 2020, 15:18:38 WIB

JawaPos.com–Bakal Calon Wakil Wali Kota (Bacawawali) Mujiaman mengunjungi Pasar Pucang Anom dan Pasar Krukah pada Selasa (22/9). Mantan direktur utama PDAM Surya Sembada itu menyatakan pengembangan pasar akan berpengaruh besar bagi perkembangan dan kemajuan Surabaya.

”Saya lihat di Surabaya masih banyak pasar yang kondisinya memprihatinkan. Padahal di pasar ada ratusan ribu orang yang terlibat. Hidup mereka sehari-hari ada di pasar. Mirisnya, kondisi pasar jarang diperhatikan,” ujar Mujiaman.

Menurut dia, sudah saatnya pasar dilihat sebagai entitas. Bukan hanya memperhatikan pekerja kantor maupun industri lain. ”Pada kenyataannya, sebagian besar warga kita ada di pasar yang tidak pernah menjadi prioritas pemerintah untuk dipikirkan. Ini sampah juga membuat masalah. Kalau mau sehat, kita mulai dari pasar, bukan dari gedung tinggi,” ujar Mujiaman yang bakal mendampingi Calon Wali Kota Machfud Arifin itu.

Dia mengatakan, pembangunan dan revitalisasi pasar merupakan salah satu program unggulannya. Revitalisasi bertujuan untuk meringankan beban pedagang. ”Tempat akan disiapkan dengan layak. Jadi kalau datang ke pasar bisa sekalian rekreasi. Pasar harus jadi tempat yang nyaman dan sehat,” kata Mujiaman.

Menurut Mujiaman, negara dan pemerintahan harus hadir di segala lini. Tidak hanya memperhatikan hal-hal yang biasa, namun juga memperhatikan pasar. ”Misalnya, selisih dari biaya yang bisa dibayarkan pedagang untuk sewa ini harus ditanggung pemerintah. Kan nanti kalau masyarakatnya sehat karena pasarnya bagus, negara akan untung. Kenapa? Karena biaya kesehatan akan turun, daya saing warganya juga akan bagus. Tapi sebaliknya Kalau kondisi dibiarkan seperti ini terus, warganya tidak akan sehat,” jelas Mujiaman.

Dalam kesempatan itu, Mujiaman mengatakan, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan pasar krempyeng. ”Yang paling utama, dengarkan kebutuhan pedagang. Misalnya, membuat saluran air di dekatnya. Memenuhi kebutuhan yang disuarakan pedagang berarti mendengarkan masyarakat Surabaya,” terang Mujiaman

Dalam kunjungan ke dua pasar itu, Mujiaman tidak hanya menyapa warga. Dia juga mengedukasi warga tentang pentingnya menjaga jarak, kebersihan, dan memberikan masker. Mujiaman turun langsung untuk memasang masker kepada pedagang.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika




Close Ads