alexametrics

Sangat Membantu, RSUD dr Soetomo Terima 25 Alat Terapi Oksigen

22 Juli 2021, 17:44:27 WIB

JawaPos.com – Bantuan sebanyak 25 unit High Flow Nasal Cannula (HFNC) sangat diperlukan RSUD dr Soetomo Surabaya. Alat tersebut digunakan untuk membantu penanganan pada pasien Covid-19. Utamanya bagi mereka yang membutuhkan dukungan terhadap oksigen tambahan.

HFNC merupakan alat terapi oksigen dengan aliran tinggi. Alat itu memiliki fungsi untuk membantu penanganan pada pasien Covid-19 tahap awal. Seperti pasien yang berada pada kondisi sadar dan masih memungkinkan untuk bernapas spontan.

Pemasangan alat tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gagal napas. Sehingga penggunaan ventilator bisa diminimalkan. Prioritas ventilator bisa dialihkan untuk penanganan pasien dengan kondisi yang lebih berat. Rabu (21/7) RSUD dr Soetomo menerima 25 HFNC itu. Ada juga ambulans dan perlengkapan medis lain. Juga kontainer yang diubah menjadi triage assessment di instalasi gawat darurat (IGD).

Direktur RSUD dr Soetomo Surabaya dr Joni Wahyuhadi SpBS mengatakan, HFNC, kontainer, dan perlengkapan medis lain yang diterima sangat membantu dalam penanganan Covid-19. Bantuan itu datang dari berbagai elemen masyarakat. Mulai perusahaan hingga organisasi dan yayasan sosial.

”Bantuan yang diterima macam-macam. Ini merupakan bentuk dari solidaritas sosial. Ada dari Meratus Line dan organisasi lainnya. Bantuan ini kita apresiasi luar biasa, perhatian seluruh pihak untuk bersama melawan pandemi,” jelasnya saat menerima bantuan tersebut kemarin.

Joni menerangkan, bantuan itu pun beberapa sudah langsung dimanfaatkan. Misalnya kontainer yang difungsikan sebagai tempat transit untuk mendapat perawatan. Beberapa waktu sebelumnya IGD RSUD dr Soetomo sempat membeludak. Pasien pun harus tidur di lantai karena perlengkapan yang kurang. ”Sekarang bisa dirawat di kontainer itu untuk dirawat sementara. Kini kondisi IGD pun sudah lebih tertata. Ada bantuan 165 velt bed juga, jadi tidak sampai tidur di bawah,” ungkapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c9/ai

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads