alexametrics

17.252 Kardus Air Zamzam Dikirim dari Arab Saudi ke AHESS

22 Juni 2022, 22:13:24 WIB

JawaPos.com- Gelombang pemberangkatan jemaah haji dari tanah air, sejauh ini masih berlangsung dan belum berakhir. Namun, jatah air zamsam untuk para Tamu Allah itu sudah mulai berdatangan. Termasuk ke Asrama Haji Embarkasi Sukolilo Surabaya (AHESS).

Sebanyak 3.276 kardus air zamzam didatangkan dari Arab Saudi, Selasa (21/6). Kardus-kardus itu diangkut dengan menggunakan dua kontainer dari DAMRI logistik untuk didistribusikan ke Asrama Haji Surabaya (AHESS).

Air zamzam tersebut didistribusikan kepada jemaah haji sepulang dari Tanah Suci. Setiap jemaah bakal membawa pulang satu dus setara 5 liter air. Menurut Adih, driver kontainer DAMRI logistik, pendistribusian dimulai Senin (20/6). ’’Senin kemarin mulai angkut dari bandara. Jumlahnya sama, 3.276 kardus,’’ katanya.

Pria asal Bogor itu menyatakan, pengangkutan air zamzam bakal dilakukan hingga enam hari ke depan. ’’Jadi, tidak rutin. Senin dan Selasa, Kamis, Jumat. Lalu, Rabu dan Kamis pekan depan. Jumlahnya beda-beda sesuai jumlah jemaah haji 38 kloter ini,’’ jelasnya.

Total keseluruhan ada 17.252 kardus air zamzam yang bakal didrop di AHESS. Adih menyatakan, di AHESS, air zamzam ditempatkan di tempat khusus sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Rudi Suharto, pengendali angkutan haji Perum DAMRI Grup B, menyatakan, ada empat armada logistik yang disediakan untuk angkutan barang jemaah haji. Termasuk distribusi air zamzam. ’’Untuk bus, kami siagakan 11 armada. Satu armada di antaranya sebagai cadangan,’’ ujarnya.

Dia mengaku pengecekan dilakukan secara rutin untuk memastikan pelayanan kepada jemaah tetap prima. ’’Selama lima jam sebelum berangkat, kami recheck. Tentu agar tetap optimal,’’ lanjutnya.

Dia mengungkapkan, saat ini pihaknya mempersiapkan kedatangan jemaah haji. ’’Diperkirakan, 16 Juli nanti (jemaah haji, Red) datang ke tanah air. Jadi, sudah kami persiapkan,’’ paparnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : zam/c12/ai

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads