alexametrics

Ngaku Ahli Tambang Tipu Rekan Bisnis, Divonis 2 Tahun 6 Bulan Penjara

22 April 2021, 22:26:40 WIB

JawaPos.com–Terdakwa kasus penipuan, Christian William akhirnya divonis dua tahun enam bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis (22/4). Christian dinyatakan melanggar pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP tentang penipuan.

”Menyatakan terdakwa Christian Halim telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan pertama penuntut umum,” ujar ketua majelis hakim Ni Made Purnami.

Menurut Ni Made, putusan hukuman tersebut didasarkan atas tindakan Christian yang dianggap telah melakukan penipuan. Antara lain, terdakwa  bukan seorang ahli tambang sebagaimana pengakuannya kepada Christeven Mergonoto. Pekerjaan tambang nikel di Sulawesi Selatan adalah pekerjaan pertama terdakwa di bidang pertambangan.

Dia juga mengaku sebagai keluarga dari Hance Wongkar, seorang kontraktor alat berat di Sulawesi Selatan yang mengatakan akan membantu menyediakan alat berat untuk pengerjaan pertambangan. Namun kenyataannya, lanjut Ni Made, terdakwa tidak memiliki hubungan apapun.

”Hal yang memberatkan hukuman adalah Christian berbelit belit selama proses pemeriksaan di persidangan,” tutur Ni Made.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : adil

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads