alexametrics

Hasil Tes Pimpinan ITS Negatif Covid-19

22 Maret 2020, 15:48:12 WIB

JawaPoa.com – Jajaran pimpinan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan tes Covid-19. Tujuannya, mengantisipasi persebaran wabah virus korona baru. Hasilnya, seluruh pimpinan ITS dinyatakan negatif Covid-19.

Tes Covid-19 dilaksanakan lantaran ITS pernah menerima kunjungan dari Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Cora van Nieuwenhuizen pada Jumat (12/3).

Sementara itu, sehari sebelumnya menteri tersebut kontak langsung dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang kini dinyatakan positif Covid-19.

Rektor ITS Prof Mochamad Ashari mengatakan, seluruh jajaran pimpinan yang berinteraksi langsung dengan Van Nieuwenhuizen memutuskan menjalani pemeriksaan tes Covid-19 secara mandiri. ’’Untuk meyakinkan kesehatan kami. Selain itu, tidak ada kekhawatiran mahasiswa dan orang tua yang hadir pada pelaksanaan wisuda hari pertama pada Sabtu (14/3),’’ katanya.

Ashari mengakui, pelaksanaan wisuda ke-121 ITS memang menjadi sorotan di kalangan civitas academica. Khususnya adanya penundaan wisuda hari kedua yang mendadak. Langkah itu diambil sebagai bentuk pencegahan dan memastikan semua wisudawan beserta kerabat tetap sehat.

’’Selama hasil pemeriksaan seluruh pimpinan belum keluar, kami harus melakukan tindakan pencegahannya,’’ jelasnya.

Sebagai antisipasi merebaknya wabah Covid-19, lanjut Ashari, ITS telah melakukan langkah preventif. Prosesi wisuda hari pertama telah mengikuti protokol pencegahan. Yakni, tidak bersalaman dan menyediakan hand sanitizer kepada para wisudawan. ’’Kami memastikan seluruh pimpinan yang hadir di prosesi wisuda dalam keadaan sehat,’’ jelasnya.

Ashari mengatakan, hasil tes kesehatan para pimpinan pun sudah keluar. Hasilnya negatif Covid-19. Pemeriksaan tes PCR Covid-19 dilangsungkan di Poli Khusus RS Universitas Airlangga. ’’Pihak menteri Belanda juga mengatakan bahwa mereka dalam kondisi sehat,’’ paparnya.

Selama menunggu hasil validasi pemeriksaan Covid-19, seluruh pimpinan ITS melakukan langkah pencegahan dengan social distancing. ’’Kami juga menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan,’’ paparnya.

Ashari menambahkan telah mengeluarkan surat edaran untuk upaya preventif wabah Covid-19 pada 16 Maret. Yakni, mensterilkan seluruh area kampus ITS. Seluruh kegiatan di lingkungan ITS dinyatakan nonaktif. Perkuliahan libur pada 16–20 Maret. ’’Selanjutnya, perkuliahan dilakukan dengan daring,’’ paparnya.

Selama masa sterilisasi, semua pekerjaan kampus dilakukan di rumah. Selain itu, ITS membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 ITS. Saat ini tim satgas mendata seluruh mahasiswa, khususnya yang tengah melakukan pertukaran mahasiswa atau mengambil beasiswa di luar negeri. ’’Harapan kami, semua sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit,’’ paparnya. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c15/ady

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads