alexametrics

Nasdem Usulkan Bagi Wilayah Pemenangan Machfud Arifin

22 Februari 2020, 20:24:06 WIB

JawaPos.com – Bergabungnya Partai Nasdem dalam koalisi pengusung Machfud Arifin menjadi kekuatan baru. Partai besutan Surya Paloh itu mengusulkan adanya pembagian wilayah pemenangan. Tujuannya, mengoptimalkan kekuatan mesin partai.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Politik DPW Nasdem Jawa Timur Vinsensius Awey menyatakan, usulan tersebut merupakan hasil rapat pengurus di tingkat DPD Kota Surabaya, DPW Jatim, dan DPP. ”Jadi, partai diberi tanggung jawab untuk memenangkan wilayah tertentu,” ujarnya saat ditemui di kantor DPW Nasdem Jatim kemarin (21/2).

Menurut dia, pembagian wilayah itu bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk memberikan tanggung jawab kepada partai pengusung. Misalnya, Nasdem diberi tanggung jawab untuk mengamankan wilayah A. ”Jadi, kita fokus di sana dan harus menang,” katanya.

Anggota DPRD periode 2014–2019 tersebut menuturkan bahwa setiap partai tentu memiliki basis suara yang berbeda. Karena itu, pembagian wilayah pemenangan dilakukan berdasar basis massa tiap partai.

Selain itu, cara tersebut dianggap bisa membangun kompetisi yang sehat. Jadi, tiap partai akan berlomba-lomba mendapatkan suara terbanyak di wilayahnya. ”Goal-nya, kami menang dan memiliki wali kota,” ucapnya.

Namun, Awey mengungkapkan bahwa hal itu tetap harus dibahas bersama partai koalisi yang lain. Sebab, ada enam partai dalam koalisi pengusung Machfud Arifin. ”Tetap harus dirembuk bersama karena tentu tiap-tiap partai memiliki sudut pandang tersendiri,” tuturnya.

Di sisi lain, Ketua DPC Gerindra Surabaya Bagio Fandi Sutadi menilai usulan itu bisa jadi salah satu opsi dalam strategi pemenangan. Namun, dia merasa tidak memiliki kapasitas untuk setuju atau tidak. Sebab, semua pendapat, strategi, maupun langkah-langkah yang akan diambil dalam rangka memenangkan calon yang diusung harus dibicarakan bersama.

Hal senada diungkapkan Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Ro’uf. Menurut dia, setiap partai memiliki langkah maupun strategi masing-masing. Yang jelas, tujuannya sama. Yakni, memenangkan kandidat yang diusung. ”Visi kita semua sama, yakni memenangkan pilwali September nanti,” jelas mantan ketua DPRD Surabaya itu.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c20/ano



Close Ads