alexametrics

DPRD Gresik Dorong Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pasca Pandemi

22 Januari 2022, 06:39:08 WIB

JawaPos.com- Sejak 2020 hingga sekarang ini, pertarungan melawan dan mengatasi pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Belum lagi bencana alam seperti banjir dan sejenisnya. Semua daerah seolah tidak ada jeda untuk bernafas. Tidak terkecuali di Kabupaten Gresik.

Namun, di tengah kondisi demikian, tidak lantas membuat pekerjaan konstruksi berhenti. Pemkab harus befikir kreatif dan inovatif agar penyelenggaraan jasa konstruksi tetap berjalan. Sebab, perannya teramat penting untuk dapat menggerakkan perekonomian pasca pandemi Covid-19.

‘’Dalam kondisi sekarang ini, infrastruktur menjadi satu kunci. Pembangunan infrastruktur menjadi motor penggerak dan pemulihan ekonomi rakyat,’’ kata Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widayana, dalam diskusi bertema Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jumat (21/1).

Karena itu, lanjut dia, pihaknya mendorong agar pemkab sebagai eksekutor melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Terutama yang memiliki nilai dan dampak strategis. Selain itu, dalam proses pekerjaannya padat karya. Dengan demikian, ada penyerapan tenaga kerja dari masyarakat setempat.

‘’Situasi sekarang ini tidak biasa, karena itu butuh percepatan dan cara-cara yang tidak biasa dengan tetap patuh pada regulasi sehingga kesejahteraan masyarakat kembali meningkat. Angka pengangguran dan kemiskinan bisa kita tekan,’’ ungkap anggota DPRD Gresik dari Fraksi Partai Golkar itu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dalam dua tahun terakhir memang angka kemiskinan di Kabupaten Gresik bertambah. Pada 2019, jumlah warga miskin ada sebanyak 148,61 ribu jiwa, 2020 (164,05 ribu jiwa), dan 2021 (166,35 ribu jiwa).

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads