alexametrics

Unesa Punya Lembaga Bantuan Hukum Bersama Ombudsman Jatim

21 Desember 2021, 20:01:07 WIB

JawaPos.com–Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersama Ombudsman akan membuka lembaga bantuan hukum. Pembukaan itu dilakukan untuk memperkuat jejaring pengawasan pelayanan publik di Jawa Timur.

Selasa (21/12), penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dilakukan. MoU itu menjadi dasar kerja sama lanjutan antara Ombudsman Perwakilan Jawa Timur dengan kampus negeri tersebut. Penandatanganan itu dilakukan di sela rapat senat Dies Natalis ke-57 Unesa di Graha Unesa, Surabaya.

Rektor Unesa Nur Hasan menandatangani MoU tersebut. Sedang Ombudsman diwakili anggota pimpinan Ombudsman RI Johannes Widijantoro. Acara juga dihadiri Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin.

Widijantoro mengatakan, penandatangan MoU itu merupakan bukti kolaborasi Ombudsman dengan dunia kampus dalam melakukan perbaikan pelayanan publik. ”Kami berharap Unesa turut aktif melaksanakan pelayanan publik yang baik sehingga dapat memenuhi harapan stakeholder di kampus ini. Kami tunggu tindak lanjutnya setelah adanya MoU ini,”’ kata Widjantoro yang hadir secara virtual melalui telekonferensi zoom.

Sementara itu, Agus Muttaqin menambahkan, MoU akan diikuti dengan perjanjian kerja sama (PKS) antara Ombudsman RI Jawa Timur dengan Unesa. Di antaranya, permagangan mahasiswa Unesa dalam program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) di kantor Ombudsman, penempatan Pojok Ombudsman di Perpustakaan Unesa, pembukaan posko pengaduan pelayanan publik di lembaga bantuan hukum (LBH) Unesa, pendampingan zona integritas Unesa menuju PTNBH, dan kerja sama lainnya.

”Kolaborasi ini menjadi Ombudsman dan Unesa tidak berjarak lagi sehingga bisa secepatnya dilaksanakan penandatanganan PKS. Saya targetkan awal tahun depan sudah ada PKS itu dan kerja sama bisa dilaksanakan,” tutur Agus.

Penandatanganan MoU itu merupakan kerja panjang Ombudsman RI Jawa Timur. Diawali pada September ketika perwakian dari Ombudsman menemui Rektor Unesa Nur Hasan beserta jajarannya.

Rektor Nur Hasan antusias dengan usul kerja sama tersebut. Kerja sama itu merupakan realisasi program MBKM yang menjadi andalan Kemendikbud pada era Menteri Nadiem Makarim.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads