alexametrics

Safari Kampung, Cara Machfud Dekatkan Diri dan Rangkul Pemilih

21 November 2020, 20:06:12 WIB

JawaPos.com–Minggu kedua Safari Kampung dilakukan Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin. Sejak Sabtu (21/11) sore, mantan kapolda Jawa Timur itu berkeliling di wilayah Ngagel.

Wilayah itu dipilih bukan tanpa alasan. Sebab, surat ijo masih menjadi persoalan di sana. Hal itu diungkapkan Machfud Arifin setelah menyapa warga.

”Safari kampung dilakukan karena tuntutan warga ketemu saya sangat besar. Saya terjun dari kampung ke kampung menemui mereka, sekaligus memberikan informasi bahwa masalah surat ijo akan kami selesaikan,” ujar Machfud.

Di sepanjang jalan, Machfud disambut warga kampung dengan acungan dua jari. Machfud bahkan ikut berjoget bersama warga. Tidak hanya itu, sesekali dia berhenti dan mendengar keluhan warga.

Perjalanan Machfud Arifin berlanjut ke wilayah Bagong. Di perkampungan yang mayoritas menjual besi tersebut, Machfud melihat rumah warga yang berbatasan langsung dengan sungai.

”Saya berharap lewat Safari Kampung ini, warga merasa dekat. Didengar dan ditampung keluhannya. Karena itulah fungsi pemerintah. Dekat dengan warga,” kata Machfud.

Harapan itu selaras dengan kondisi warga. Salah satunya Maryam, 50, yang kebingungan ketika Machfud datang. ”Aku gak kenal iki sopo (saya tidak mengenal siapa dia),” tutur Maryam ketika ditemui.

Saat ditunjukkan baliho Machfud, dia mengatakan, sekadar tahu. ”Cuma tahu calon wali kota, tapi nggak tahu dia siapa. Kalau begini kan jadi tahu orangnya seperti apa dan kenapa harus memilih dia,” tutur Maryam.

Ke depannya, Machfud Arifin mengaku akan memperbanyak perjalanan dari kampung ke kampung. Sebab, dia meyakini kota akan terbangun bila kampung dan warga diperhatikan dengan baik.

”Majunya kota berangkat dari kampung. Ekonomi akan menggeliat. Anggaran pemerataan pembangunan dari kampung. Banyak yang diusulkan RT dan LPMK. Infrastuktur dikembangkan,” jelas Machfud.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika



Close Ads