alexametrics

Disdag Surabaya Pastikan Harga Stabil saat Natal dan Tahun Baru

21 November 2020, 15:15:49 WIB

JawaPos.com – Natal dan tahun baru (Nataru) menjadi momen yang perlu diwaspadai. Sebab, biasanya terjadi kenaikan harga bahan pokok (bapok). Dinas Perdagangan (Disdag) Surabaya berupaya menjaga harga bapok tetap stabil saat perayaan hari besar tersebut. Strateginya adalah perketat pemantauan di lapangan.

Berdasar pantauan, kenaikan harga komoditas pangan di Pasar Pucang Surabaya, Jumat (20/11) masih wajar karena berada di bawah harga acuan penjualan di konsumen (HAPK). Harga daging ayam, misalnya. Biasanya, ayam broiler dijual Rp 30 ribu per kilogram. Kemarin harganya menyentuh angka Rp 32 ribu per kilogram. Banderol tersebut masih berada di bawah HAPK yang mencapai Rp 35 ribu per kilogram.

Harga bawang merah dan putih juga fluktuatif. Kemarin harga bawang merah terpantau Rp 33.200 per kilogram. Naik jika dibandingkan dengan pekan lalu yang hanya Rp 30 ribu. HAPK-nya Rp 32 ribu per kilogram. Kemudian, harga bawang putih mencapai Rp 25 ribu per kilogram atau naik bila dibandingkan dengan pekan lalu (Rp 22 ribu).

Hanya telur yang terpantau mengalami kenaikan harga di atas HAPK. Yaitu, mencapai Rp 25 ribu per kilogram. HAPK telur tercatat Rp 24 ribu per kilogram.

Disdag menjamin, saat Nataru nanti, minim terjadi kenaikan harga bahan pokok. Ada beberapa faktor yang mendasarinya. Salah satunya, stok bapok aman tersedia. Belum ada yang terganggu untuk memenuhi kebutuhan di Surabaya. Kemudian, suasana Nataru yang tidak semeriah tahun-tahun lalu. ”Namun, kami memprediksi, jika ada kenaikan, landai saja. Tidak sampai ada lonjakan yang tinggi,” terang Kepala Disdag Surabaya Wiwiek Widayati.

Dia menyatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan untuk menjamin harga tidak mengalami lonjakan. Jika ada bapok yang harganya terpantau terkerek, pihaknya bisa segera melakukan intervensi. Salah satu upayanya adalah operasi pasar. 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c14/dio



Close Ads