alexametrics

Butuh Dana dan Perjuangan untuk Tampil seperti Pejuang

21 November 2020, 21:58:50 WIB

JawaPos.com–Momentum Hari Pahlawan masih dirasakan masyarakat. Salah satunya komunitas Surabaya Corner Reenactor (SCR). Mereka hadir pada Festival W.R. Supratman yang diadakan Kapas Krampung Plaza pada Sabtu (21/11). Mereka hadir mengenakan pakaian pahlawan yang terlihat otentik.

Supriyo, koordinator Surabaya Corner Reenactor berharap dapat mengedukasi masyarakat melalui pakaian. ”Kami berusaha menunjukkan bahwa sejarah bisa dipelajari melalui pakaian,” tutur Supriyo.

Dia menjelaskan, untuk membuat satu paket pakaian lengkap dengan berbagai aksesorisnya, harus merogoh kocek hingga Rp 5 juta dalam satu penampilan. ”Untuk yang paling mahal adalah pakaian tentara British. Bisa mencapai harga 5 juta rupiah,” jelas Supriyo.

Biaya itu, lanjut Supriyo, melipuyi helm broodie atau helm perang, pouch tempat peluru, tas ransel, band aid, serta sepatu boots. ”Ada juga senjata Lee Enfield seharga Rp 1,5 juta,” ujar Supriyo.

Sedangkan untuk pakaian polisi istimewa, dia harus merogoh kocek hingga 3 juta rupiah. Pakaian itu dipesan dan didesain sendiri seharga 200 ribu rupiah.

”Aksesoris lain adalah topi dengan lencana, kepangkatan, sabuk, pouch, serta pedang. Saya dapat pedang dari lelang seharga Rp 500 ribu,” tutur Supriyo.

Salah satu anggota SCR, Nagerita Hayu, 24, mengatakan, telah mengikuti komunitas itu selama 3 tahun. Dia pernah membuat seragam TKR Laut. ”Senang bisa ikut komunitas sejarah seperti ini,” ujar Nagerita Hayu.

Sementara itu, kegiatan Festival W.R. Supratman merupakan agenda tahunan untuk memperingati Hari Pahlawan. Rudi Harsono, direktur operasional PP Properti serta Direktur Utama PT Gita Nusa Sarana Niafa mengungkapkan, acara itu merupakan kegiatan untuk mengangkat semangat persatuan.

”Ini menjadi ciri khas agenda mal. Ada komunitas sejarah dan kompetisi untuk mengingat semangat perjuangan pahlawan,” tutur Rudi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika



Close Ads