alexametrics

Komplotan Begal Motor Bercelurit Beraksi di Abar Abir

Satu Pelaku Dibekuk, Tiga Orang Buron
21 Oktober 2021, 19:55:31 WIB

JawaPos.com- Empat komplotan begal motor bercelurit di Desa Abar Abir, Kecamatan Bungah, Gresik, mendapat atensi serius polisi. Bahkan, Polsek Bungah bekerjasama dengan tim Buser Polres Gresik telah berhasil meringkus seorang pelaku. Tiga pelaku lainnya terus memburu.

Para pelaku begal sepeda motor tersebut beraksi di Jalan Raya Abar Abir, Selasa dini hari (19/10). Korbannya, M. Robert, pemuda berusia 21 tahun, warga Desa Sidokumpul, Kecamatan Bungah. Malam itu, tepatnya pukul 00.00 WIB, korban pulang kerja dari sebuah SPBU.

Nah, saat melintas di Abar Abir, korban dicegat empat orang dengan mengendarai sepeda motor matik. Pelaku mengancam korban dengan menggunakan senjata celurit. Tentu saja, korban pun ketakutan. Tidak berani melawan. Sedetik kemudian, dia terpaksa menyerahkan motornya ke komplotan begal tersebut.

’’Warga saya itu kemudian merelakan motor dan handphone miliknya dibawa pelaku,’’ cerita Kepala Desa Sidokumpul Asyhari.

Kapolsek Bungah AKP Sujiran ketika dikonfirmasi tidak menampik kejadian tersebut. Pihaknya mendapat laporan kasus itu pada Rabu siang. Berkoordinasi dengan tim Buser Polres Gresik, petugas kemudian bergerak cepat untuk melakukan penyelidikan. Mulai memeriksa saksi dan mengumpulkan barang bukti.

Bersyukur, pihaknya mendapat rekaman CCTV. Dari hasil gerak cepat polisi, malam itu juga berhasil diamankan seorang pelaku. Namun, Sujiran belum mau membuka identitas pelaku untuk kepentingan lebih lanjut. Kabarnya, pelaku berasal dari Kota Surabaya. ’’Penyelidikan masih kami lakukan, mohon waktu,’’ ungkapnya.

Perwira dengan tiga balok di pundak itu juga masih mendalami motif para pelaku. Termasuk apakah yang bersangkutan merupakan jaringan sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang kerap beraksi di Kota Pudak. Meski demikian, pihaknya memastikan kondisi korban selamat.

’’Korban sempat trauma, tapi sudah berangsur pulih. Untuk perkembangan lebih lanjut, segera kami sampaikan,’’ ujar Sujiran.

Aksi begal dan bandit curanmor, bukan kali pertama terjadi di wilayah hukum Gresik. Pada Agustus lalu, jajaran Satreskrim Polres Gresik juga berhasil mengamankan Nur Akhyani, 48, dan M. Nur Wahyudi alias Yudi, 26. Keduanya, warga asal Desa Sidowungu, Menganti. Mereka dibekuk setelah menggasak tujuh motor di berbagai lokasi berbeda.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : yog/c12/diq




Close Ads