alexametrics

Parade Bendera Sambut Pelantikan Presiden

21 Oktober 2019, 17:07:14 WIB

JawaPos.com – Ruas Jembatan Suramadu arah Madura–Surabaya ditutup, Minggu (20/10). Sebanyak 1.200 orang berjalan menempuh jarak 2,5 kilometer menuju titik tengah jembatan. Seribu orang berada di jembatan dan sisanya di Selat Madura. Mereka juga mengusung bendera Merah Putih.

Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter dikibarkan hingga menutupi seluruh badan jembatan. Bukan hanya itu, saat memandang laut, seratus perahu nelayan melaju dari timur menuju sisi barat Suramadu. Perahu-perahu tersebut juga mengibarkan bendera Merah Putih. Kirab bendera itu makin meriah dengan pelepasan seribu balon ke angkasa.

Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menyatakan, kirab bendera dilakukan dalam rangka penyambutan dan perayaan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. ’’Kirab bendera ini bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap bangsa ini. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,’’ kata Rama di Jembatan Suramadu kemarin.

Dia optimistis, setelah pelantikan presiden, Indonesia akan makin maju. ’’Kami berharap seluruh masyarakat bisa selalu mendukung visi dan misi beliau sehingga bangsa Indonesia lebih, maju, sejahtera, dan aman,’’ tuturnya.

SEMANGAT BERSATU: Beragam komunitas di Surabaya juga mengarak Merah Putih dari Jalan Bengawan menuju Jalan Polisi Istimewa. (Hariyanto Teng/Jawa Pos)

Di tempat terpisah, ribuan orang juga mengarak bendera Merah Putih sepanjang 210 meter dari Jalan Bengawan sampai Tugu Polisi Istimewa kemarin. Pembentangan bendera itu bertujuan menyemarakkan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Ribuan orang tersebut berasal dari unsur pemerintah daerah setempat, TNI, hingga berbagai komunitas. Mulai Bonek, perguruan silat, pelajar, hingga mahasiswa.

’’Parade Merah Putih Indonesia Damai ini sebagai wujud rasa terima kasih kepada para pendahulu yang telah membangkitkan rasa nasionalisme dan menyatukan kebinekaan sehingga kita bisa menjadi bangsa besar seperti sekarang ini,’’ ujar Kapolrestabes Surabaya Kombespol Sandi Nugroho kemarin.

Selain itu, dia berharap pelantikan berjalan lancar dan kelak bangsa ini makin unggul. ’’Kami juga berdoa agar Surabaya, Jawa Timur, dan Indonesia makin lebih aman dan kondusif,’’ lanjut Sandi.

Sementara itu, pihaknya berupaya meningkatkan pengamanan di sejumlah objek vital untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Sasaran yang pengamanannya disiagakan adalah kantor-kantor pemerintah, tempat-tempat ibadah, dan pusat keramaian warga.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ian/gas/c14/git



Close Ads