alexametrics

Akila-Azila Siap Pulang 29 Oktober

21 Oktober 2019, 20:12:53 WIB

JawaPos.com – Kabar positif menyertai kondisi Akila-Azila, bayi kembar siam yang sukses dipisahkan tim Pusat Pelayanan Kembar Siam Terpadu (PPKST) RSUD dr Soetomo. Kondisi Azila yang beberapa waktu lalu mengalami diare dinyatakan stabil kemarin (20/10). Asupan susu dan makanan bubur pun lebih banyak daripada saat diare. Berat badannya juga lebih meningkat. Kini berat badan Azila sudah mencapai 10 kilogram.

Sementara itu, Akila yang lebih dulu sembuh dari diare memiliki berat badan 10,5 kilogram. Secara medis, keduanya telah siap dipulangkan ke Kendari setelah berada di RSUD dr Soetomo selama 2 bulan 20 hari.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir yang kemarin menjenguk si kembar di Ruang Bobo I bersama sang istri, Sri Lestari, siap membawa pulang dua anak tersebut pada 29 Oktober mendatang. ’’Kami tinggal ngobrol dengan gubernur Jatim untuk menyampaikan rencana kepulangan Akila-Azila,’’ jelasnya.

Tak lupa, dia mengucapkan terima kasih kepada tim PPKST atas keberhasilan memisahkan Akila-Azila. Terkait dengan kepulangan keduanya, pemerintah kota sudah menyiapkan dana APBD untuk merawat dan memantau kondisi Akila-Azila.

Sesuai dengan anjuran Ketua Tim PPKST dr Agus Harianto SpA (K), Akila-Azila tidak hanya dipantau hingga usia 3 tahun. Namun, mereka diawasi sampai 18 tahun. ’’Kami juga telah siap. Kami akan terus berhubungan dengan tim RSUD dr Soetomo untuk terus berkoordinasi,’’ ujar Sulkarnain.

Akila-Azila masih perlu tindakan operasi untuk merekonstruksi luka di bagian dada. ’’Bentuk dada yang belum sempurna bisa direkonstruksi lagi. Nanti Akila-Azila yang bisa dibawa ke sini lagi atau kami yang ke Kendari,’’ kata Agus.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ika/c14/ady



Close Ads