alexametrics

Unitomo Surabaya Kukuhkan Guru Besar Baru

21 September 2021, 19:37:04 WIB

JawaPos.com- Universitas dr Soetomo (Unitomo) Surabaya memiliki guru besar (gubes) baru. Yakni, Prof Sukesi. Kemarin (20/9), bertempat di Auditorium Ki H Mohammad Saleh, Sukesi dikukuhkan sebagai gubes ke-17 Unitomo. Dalam orasi ilmiahnya, dia  mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk meng-upgrade kemampuan di bidang teknologi.

‘’Masa pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen individu, industri, maupun kelompok organisasi. Perubahan perilaku konsumen itu harus dicermati pelaku UMKM,” katanya kepada Jawa Pos seusai pengukuhan gubes.

Sukesi mengungkapkan, UMKM di Indonesia umumnya memiliki kelemahan di bidang keuangan dan pemasaran. Kelemahan itu harus ditanggulangi dengan memanfaatkan sistem pemasaran digital. ”Jadi, lebih menghemat pemasaran,” ujar dia.

Menurut Sukesi, perubahan perilaku konsumen harus diikuti pelaku UMKM. Jika hanya diam dan tidak mengikuti keinginan konsumen, pelaku UMKM akan kehilangan pasar. ”Pelaku UMKM harus berbenah. Khususnya berkaitan dengan pemasaran yang mungkin biayanya juga tinggi,” tuturnya.

Sukesi menyebutkan, mayoritas pelaku UMKM saat ini berusia di atas 40 tahun. Jadi, pelaku UMKM harus meng-upgrade sistem pemasarannya. Mereka harus bisa berkolaborasi dengan orang yang memiliki jiwa milenial. ”Mereka harus menguasai digital,” tegas dia.

Selama ini sejatinya sudah banyak pelaku UMKM yang melakukan perubahan untuk berbenah diri. Namun, ada keterbatasan terkait dengan sumber daya manusia (SDM). ”Mereka sebenarnya mau ikhtiar berubah dengan mengikuti pendampingan-pendampingan UMKM yang berkaitan dengan pemasarannya,” jelasnya.

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c14/ai

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads