alexametrics

Seperti Sebelum PPKM, Aktivitas di Kota Surabaya Mendekati Normal

21 September 2021, 20:52:22 WIB

JawaPos.com- Aktivitas masyarakat di Kota Surabaya terpantau terus meningkat. Lalu-lalang kendaraan lebih ramai dan titik kepadatan belakangan lebih banyak terlihat. Meski situasi Covid-19 semakin membaik, namun mesti tetap waspada.

”Dari pantauan kami, memang mendekati sekali ke normal sebelum PPKM,” ucap Camat Sukomanunggal La Koli.

Hal tersebut juga dipicu penurunan level PPKM terus-menerus yang dialami Surabaya sesuai hasil asesmen situasi Kemenkes Ri, selama tiga pekan terakhir. Banyak penyesuaian di berbagai bidang yang juga mendukung pergerakan warga. ”Meski masih dengan penerapan aturan khusus. Misalnya, sekarang makin banyak lokasi yang membutuhkan aplikasi PeduliLindingi,” sambung La Koli.

Namun, pihaknya tetap menegaskan perlunya upaya pencegahan persebaran Covid-19. Vaksinasi jadi program utama, diikuti dengan asesmen dan edukasi kepada warga. ”Untuk titik-titik lokasi dan kegiatan yang berpotensi memicu kerumunan, kami tetap adakan asesmen,” tambahnya. Jam operasional juga masih terbatas pada pukul 21.00 saja.

Perpanjangan PPKM selama dua minggu dilihatnya sebagai upaya agar masyarakat tidak kehilangan kewaspadaan. ”Biasanya perpanjangan hanya sepekan. Sekarang langsung untuk dua pekan, ini berarti pemerintah pusat juga sudah mengkaji dan mewanti-wanti supaya tetap waspada,” tuturnya.

Dia menambahkan, vaksinasi juga terus digenjot di banyak daerah. Beberapa lokasi menjadi pilihan tempat. Misalnya, gedung serbaguna wilayah, pusat perbelanjaan, dan sekolah-sekolah yang memadai. 

 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : dya/c7/eko

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads