alexametrics

Kondisi KBS Benar-Benar Berat, Pemkot Surabaya Suntik Modal Rp 10 M

21 September 2021, 20:20:29 WIB

JawaPos.com- Manajemen Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) yang mengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) akan disuntik dana segar oleh Pemkot Surabaya. Dana penyertaan modal itu mencapai Rp 10 miliar.

Direktur Utama (Dirut) PD Taman Satwa KBS Chairil Anwar menuturkan baru tahu ada penyertaan modal dari pemkot ketika melihat neraca rancangan perubahan APBD 2021. Di dalam neraca tersebut dicantumkan penyertaan modal untuk KBS sebesar Rp 10 miliar.

’’Ya alhamdulillah kalau memang sudah dialokasikan (untuk penyertaan modal, Red),’’ terang Anwar saat ditemui usai rapat anggaran di Komisi B DPRD Kota Surabaya kemarin (20/9).

Penyertaan modal itu sejatinya dialokasikan sejak 2013. Total dana yang disiapkan untuk KBS mencapai Rp 54 miliar. ’’Sebagian sudah diberikan. Tinggal Rp 18 miliar belum kita ambil,’’ ujarnya

Anwar mengakui dalam dua tahun terakhir ini kondisi KBS benar-benar berat. Sebab, sejak pandemic Covid-19 melanda pada Maret 2020, KBS tutup total. Sempat buka beberapa bulan, KBS lalu tutup lagi. Di satu sisi, operasional harus tetap jalan.

Menurut Anwar, biaya operasional paling besar ada di belanja pakan satwa. Dalam satu bulan, KBS harus mengeluarkan anggaran Rp 500 juta hanya untuk pakan satwa. Itu belum termasuk biaya perawatan kandang.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c6/jun




Close Ads