alexametrics

1.417 Peserta Jalani Tes SKD, Jadwal Ulang Tes bagi Yang Positif

21 September 2021, 13:57:55 WIB

JawaPos.com – Pandangan Pramesti Audita tak lepas dari layar komputer. Berkali-kali soal tes CPNS itu dipelototi. Setelah menemukan jawaban, dia bergegas menuliskan kalimat di selembar kertas yang telah disediakan.

Pukul 10.30, Pramesti rampung mengerjakan seluruh soal ujian tersebut. Total 110 pertanyaan yang dijawab. Ada yang mudah, namun tak sedikit pula yang memeras keringat. ”Soalnya susah-susah,’’ keluh perempuan 26 tahun itu.

Keluhan senada disampaikan Satria Fitriansyah. Jauh-jauh hari, dia bersiap mengikuti ujian. Beragam soal dikerjakan. Bahkan, pria 28 tahun itu sesekali mencoba mengerjakan soal di internet. ”Soalnya banyak yang di luar perkiraan,’’ paparnya.

Satria juga kesal lantaran komputer yang menampilkan soal sempat error. Alhasil, pria yang mendaftar tenaga kesehatan (nakes) itu dibuat panik. ”Sistem error hingga 20 menit,’’ ucapnya.

Ya, tahapan seleksi CPNS berlanjut Senin (20/9). Sebanyak 1.417 peserta mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Ujian tersebut dihelat selama empat hari.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Mia Santi Dewi menjelaskan, dari total 1.417 peserta itu, sebagian mengerjakan di wilayah lain. Sebanyak 78 pelamar mengikuti ujian di kantor BKN di luar Surabaya. ”Peserta bisa memilih tempat ujian,’’ jelasnya.

Sebelum mengikuti tes tersebut, peserta diwajibkan memenuhi sejumlah ketentuan. Di antaranya, mengisi form deklarasi sehat secara online, membawa hasil tes PCR serta swab antigen, serta melampirkan sertifikat vaksinasi. ”Minimal vaksin satu kali,’’ ucapnya.

Peserta yang telah memenuhi kualifikasi diperbolehkan mengikuti tes. Sebelum masuk ruang ujian, pemeriksaan kesehatan dilakukan. Yakni, pengecekan suhu tubuh. BKD menyediakan ruang khusus bagi pelamar yang suhu tubuhnya melebihi ambang batas.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : aph/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads