alexametrics

Kepastian Pembangunan Pasar Sidayu Gresik Pasca-Terbakar Masih Gelap

21 Mei 2022, 16:54:18 WIB

JawaPos.com- Ratusan pedagang di Pasar Sidayu masih harus bersabar lebih lama lagi untuk bisa kembali berjualan di kios-kios yang lebih layak. Setelah kebakaran yang menghanguskan 259 kios pada awal 2022 lalu, rencana pembangunan pasar legendaris itu terkesan masih jalan di tempat.

Sejauh ini, Pemkab Gresik masih berkutat mengerjakan perencanaan pembangunan pasar tersebut. Nantinya, pasar itu berkonsep pasar sehat dengan akses sanitasi yang sangat layak.

Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (DCKPKP)  Pemkab Gresik Ida Lailatus Sa’diyah menyatakan, dalam hal revitalisasi Pasar Sidayu itu, pihaknya mendapat tugas survei lokasi. Sejauh ini, pihaknya masih melakukan survei untuk tahap perencanaan. ’’Ini masih survei. Untuk perencanaan, ada di diskoperindag (dinas koperasi perindustrian dan perdagangan),’’ ucapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perindag (Diskoperindag) Pemkab Gresik Malahatul Farda menyatakan, revitalisasi pasar tersebut akan menggunakan beberapa sumber anggaran. Baik dari APBN melalui kementerian maupun APBD. Namun, untuk estimasi biaya, pihaknya belum bisa menjabarkan.

Saat ini pihaknya masih merencanakannya. Pasar tersebut akan dibangun dengan konsep pasar sehat. Di antaranya, adanya sanitasi layak, koperasi, ruang pertemuan, dan musala. ’’Desainnya bagus. Ini masih kami kerjakan, semoga segera selesai perencanaannya,” ujarnya.

Setelah perencanaan itu selesai, pemerintah juga masih akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sidayu dan pedagang. Artinya,jika tidak ada percepatan, tahapan pembangunan Pasar Sidayu masih panjang. Belum lelang hingga pembangunan fisiknya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads