alexametrics

Jelang Lebaran, Polisi Petakan Titik Kemacetan dan Rawan Kecelakaan

21 April 2022, 17:04:43 WIB

JawaPos.com– Persiapan untuk menyambut lonjakan jumlah kendaraan pada masa angkutan Lebaran terus dilakukan. Polisi sudah memetakan titik rawan kemacetan, kecelakaan, dan kriminalitas. Selain pos pengamanan (pospam), petugas mendirikan pos pelayanan terpadu untuk mengawasi pemudik.

Pospam tersebar di tiga titik. Yakni, sekitar Jembatan Suramadu, Dupak Rukun, dan Stasiun Kota. Nanti pos-pos itu diisi petugas gabungan dari berbagai instansi.

Kasatlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Eko Adi Wibowo menjelaskan bahwa rapat terkait masa Lebaran sudah digelar. Yang diantisipasi utama tetap titik kemacetan. ’’Sejauh ini, ada enam titik yang menjadi lokasi rawan kemacetan,’’ kata Eko.

Dia menyebutkan, kepadatan lalu lintas berpotensi terjadi di sejumlah titik. Yakni, Jalan Jakarta, Jalan Kalianak, Jalan Margomulyo, Jalan Dupak Rukun, bundaran AAL, dan Jalan Bunguran.

Kepadatan terjadi bukan hanya karena pemudik. Menurut Eko, kenaikan jumlah pengunjung pusat perbelanjaan juga berpotensi mendorong kemacetan.

Ada sejumlah strategi yang dilakukan polisi untuk mencegah kemacetan. Penempatan personel dilakukan selama 24 jam. Selain itu, polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk memecah arus kendaraan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : hen/c12/ady

Saksikan video menarik berikut ini: