alexametrics

Pasar Turi Beroperasi, Pedagang Syukuran

Bakal Tutup Jalan Dupak saat Pembongkaran TPS
21 Maret 2022, 08:35:57 WIB

JawaPos.comPasar Turi Baru (PTB) secara resmi dibuka hari ini (21/3). Pengoperasian pusat grosir dan belanja tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Selain itu, rekayasa lalu lintas diterapkan untuk menghindari kepadatan lalu lintas imbas pembongkaran tempat penampungan sementara pedagang Pasar Turi Lama.

Operasional PTB tersebut ditandai dengan tasyakuran dan doa bersama yang digelar di lokasi. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh wali kota. Harapannya, PTB bisa menjadi ikon baru bagi Surabaya. Setelah acara peresmian tersebut, dilakukan pembongkaran ratusan stan di tempat penampungan sementara (TPS) bekas relokasi pedagang Pasar Turi Lama.

Memang kegiatan peresmian tersebut maju dari jadwal awal yang seharusnya dilakukan Selasa (22/3). Hingga kemarin sore persiapan pun terus dikebut. Di lokasi, tampak pekerja masih membenahi interior hingga kelengkapan gedung. ’’Persiapan terus berjalan jelang peresmian. Kami lihat sejak kemarin itu sudah 95 persen,” terang Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos.

Yos ‒sapaan kepala dinkopdag‒ mengatakan, memang pengoperasian PTB tersebut cukup istimewa. Dibuka dengan doa bersama dan tasyakuran. Harapannya, PTB itu bisa mengangkat perekonomian Surabaya yang dikenal sebagai kota dagang dan jasa.

’’Setelah diresmikan dan dibuka nanti perlahan pedagang yang belum pindah dan masih di TPS boyongan juga ke dalam. Lalu, tempat yang lama bakal dibongkar,” terangnya.

Banyak personel yang terlibat dalam proses pembongkaran itu. Sejumlah alat berat dari dinas sumber daya air dan bina marga (DSDABM) turut dikerahkan untuk membantu jalannya pembersihan lokasi itu.

Hingga kemarin sore, masih tampak pedagang yang mengemasi barang-barangnya di TPS. Mereka adalah pedagang yang belum memegang kunci stan di dalam PTB. Meski begitu, mereka tetap harus mengosongkan TPS sesuai dengan kesepakatan dan sosialisasi yang dilakukan dinkopdag sejak pekan lalu.

Sekretaris Dinkopdag Moch. Awaludin Arief mengatakan, pihaknya pun membantu pedagang yang masih dalam proses relokasi tersebut. Ada dua mobil pikap yang disiagakan. Seribu karung juga disiapkan agar pengemasan barang semakin mudah.

’’Dari data kami, sebelumnya ada 157 pedagang yang belum masuk ke PTB dan belum menerima kunci. Itu disebabkan ada beberapa pedagang yang baru mendaftar pekan lalu. Juga baru membayar stan sebesar 20 persen,’’ terangnya.

Namun, kata dia, kemarin masalah itu telah selesai. PT Galaksi Bumi Perkasa sebagai pengelola sudah menyerahkan kunci. Pedagang pun sudah bisa masuk semua sehingga pembongkaran dapat dilaksanakan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c7/git

Saksikan video menarik berikut ini: