alexametrics

Sindikat Curanmor Bermobil Sasar Hotel dan Food Court di Surabaya

21 Januari 2022, 10:48:03 WIB

JawaPos.com – Komplotan WG, sindikat pencurian kendaraan motor (curanmor) yang menggunakan mobil, sudah beraksi di sejumlah tempat. Menurut penelusuran penyidik, sindikat itu sudah beraksi di sembilan lokasi. Mulai tempat parkir hotel sampai food court.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Mirzal Maulana menyatakan, mereka biasanya mencari sasaran di kawasan barat. Sindikat itu memilih wilayah tersebut karena menganggap situasinya cenderung sepi. ”Mereka keluar masuk tempat yang dituju sebelum beraksi,” ujarnya kemarin (20/1).

Menurut Mirzal, target utama komplotan tersebut adalah kafe atau food court. Mereka akan melakukan survei sederhana.

Mirzal menjelaskan, sasaran survei adalah sistem penjagaan tempat parkir. Setelah memastikan ada celah di penjagaan, mereka baru merancang aksi pencurian. ”Jika tidak memungkinkan, mereka keliling lagi mencari tempat lain,” terangnya.

WG dan lima temannya selama ini mengincar motor jenis matik keluaran terbaru. Merek tertentu yang memiliki harga jual mahal menjadi prioritas. Meski rumah kunci motor dilengkapi pengaman penutup magnet, kendaraan tetap bisa disikat. Sebab, kata Mirzal, komplotan pelaku tidak hanya membawa kunci T.

Mereka juga memakai kunci modifikasi untuk membuka penutup magnet. ”Dari pendalaman sementara, mereka juga pernah beraksi di parkiran hotel yang tidak terjaga,” ungkapnya.

Mirzal memprediksi sepak terjang aksi sindikat itu bisa bertambah. Sebab, modus yang dijalankan tergolong rapi. Mereka sengaja membawa mobil agar terkesan tidak mencurigakan. ”Penyidik saat ini masih terus memeriksa laporan curanmor yang masuk ke polsek,” tuturnya.

WG ditangkap bersama ZS setelah terekam mencuri motor. Mereka saat itu bersama lima pelaku lain saat beraksi. Lima pelaku lainnya saat ini masih menjadi buron. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c14/eko

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads