alexametrics

Pemkot Surabaya Terapkan Tes Usap Acak di Perkampungan Cegah Omicron

21 Januari 2022, 20:38:36 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya terus bekerja keras dalam cegah penyebaran kasus Covid-19 varian Omicron. Pemkot terapkan tes usap secara acak di wilayah perkampungan di Kota Pahlawan itu.

”Testing acak akan diutamakan bagi wilayah perkampungan yang sebelumnya ditemukan kasus varian Omicron. Jadi tidak semuanya dilakukan tes usap, tapi diacak,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi seperti dilansir dari Antara di Balai Kota Surabaya, Jumat (21/1).

Menurut dia, pihaknya sedang membahas rencana tersebut dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya. ”Apakah nanti tes usap dilakukan setiap bulan sekali di setiap RT/RW? Jadi, meski warga itu sakit atau tidak sakit, ya kami (tes usap) acak,” ujar Eri.

Tidak hanya menerapkan tes usap acak untuk mencegah kenaikan kasus Omicron, wali kota juga mendorong masyarakat untuk menguatkan kembali Satgas Kampung Tangguh. Langkah preventif tersebut dilakukan untuk mengontrol keluar masuknya warga dari luar daerah.

”Satgas Kampung Tangguh itu harus dikuatkan lagi, untuk lebih menjaga kampung. Kemudian, posisi warga yang dari bepergian ke luar kota itu siapa, juga harus mau dilakukan tes usap PCR,” terang Eri.

Meski demikian, dia tidak melarang warga bepergian ke luar kota apabila ada kepentingan. Dia berharap, di manapun warga tersebut berada, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads