alexametrics

Ke Sidoarjo, Gubernur Ingin Pastikan Minyak Goreng Satu Harga

Bupati Muhdlor Jamin Stok Berlimpah
21 Januari 2022, 09:05:16 WIB

JawaPos.com- Stok minyak goreng di toko modern, baik besar maupun kecil, di Sidoarjo sudah stabil kemarin (20/1). Pada hari sebelumnya, stok minyak goreng di toko modern sempat kosong lantaran diserbu pembeli. Selain itu, distribusi minyak goreng dari produsen sempat dibatasi karena ada penyesuaian harga dari Rp 20 ribu menjadi Rp 14 ribu per liter.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tidak melakukan aksi borong. ’’Di sini jam 10.00 kemarin (Rabu, Red) sudah habis. Padahal, pembelian sudah dibatasi. Saya ingin memastikan stok aman dan masyarakat jangan panic buying,’’ pinta Khofifah seusai memantau penjualan minyak goreng di Super Indo Tropodo bersama Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali.

Khofifah menyebut Kementerian Perdagangan secara resmi memberlakukan minyak goreng satu harga pada Rabu (19/1). Harga yang ditetapkan pemerintah itu adalah Rp 14.000 per liter untuk kemasan 1 liter, 2 liter, 5 liter, hingga 25 liter. Karena itu, seluruh minyak goreng akan dijual Rp 14 ribu per liter. Kebijakan tersebut berlangsung selama enam bulan sejak 19 Januari 2022.

Namun, Khofifah menjelaskan bahwa kebijakan harga itu berlaku bertahap. Pertama, mulai saat ini berlaku di seluruh toko ritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Kedua, di pasar tradisional berlaku mulai minggu depan. Ada kelonggaran di pasar tradisional untuk penyesuaian harga. ’’Pasar tradisional akan diberi waktu satu minggu untuk melakukan penyesuaian,’’ katanya.

Dia berharap harga baru minyak goreng tersebut membantu masyarakat, terutama pelaku usaha ultramikro dan mikro. Bupati Muhdlor meminta masyarakat tidak panik dengan memborong minyak.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c7/any

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads