alexametrics

DPRD Minta Pemkot Surabaya Permudah Relokasi Pedagang Pasar Turi

21 Januari 2022, 19:22:25 WIB

JawaPos.com–Pimpinan DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, minta pemerintah kota membantu kemudahan relokasi bagi pedagang Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. Para pedagang selama ini menempati tempat penampungan sementara.

Wakil Ketua DPRD Surabaya A.H. Thony mengatakan, menyambut baik rencana relokasi pedagang TPS Pasar Turi ke Pasar Turi Baru. ”Dengan relokasi tersebut, pedagang akan mendapatkan tempat yang lebih layak, tidak berada di TPS yang makin lama makin kumuh, yang membuat perdagangan mereka tidak jalan,” ujar Thony seperti dilansir dari Antara, Minggu (21/1).

Namun ada hal yang ditekankan legislator Partai Gerindra tersebut, yaitu perlu ada komitmen yang jelas dan tertulis soal hak dan kewajiban antara pedagang dan PT Gala Bumi Perkasa sebagai pihak pengelola Pasar Turi Baru. ”Misalnya PT Gala Bumi Perkasa berhak memungut biaya sewa kepada pedagang, namun kewajiban apa yang bisa diberikan ke pedagang,” kata Thony.

A.H. Thoni juga menyarankan, pihak pengelola memberikan keringanan tarif sewa karena ketika pedagang masuk tidak serta merta ramai pembeli. ”Yang penting keberadaan bangunan tersebut bisa beroperasi sehingga pedagang masuk dengan harapan ramai pembeli sehingga mengembalikan nilai investasi,” terang Thony.

Selain itu, lanjut dia, kesiapan dari Pasar Turi Baru, yang sudah lama tidak beroperasi. Meskipun bangunan tersebut baru, bisa jadi rusak karena waktu sebab tidak ada perawatan.

”Untuk itu tolong juga dipersiapkan dari pihak PT Gala Bumi Perkasa jangan sampai ketika pedagang masuk, Pasar Turi Baru dalam kondisi apa adanya, tapi kelayakannya perlu dipertimbangkan,” ucap Thony.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads