alexametrics

Dinkes Surabaya Sebut Pengobatan HIV Diakses Gratis di 10 RS

21 Januari 2022, 20:44:26 WIB

JawaPos.com–Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyatakan, pengobatan HIV (Human Immunodeficiency Virus) dapat diakses masyarakat secara gratis di 10 rumah sakit dan 13 puskesmas di Kota Pahlawan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, pihaknya juga memberikan kemudahan akses testing HIV gratis kepada masyarakat. Termasuk yang berasal dari luar Kota Surabaya.

”Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara gratis di 63 puskesmas, 54 rumah sakit, satu klinik berbasis komunitas, dan satu klinik milik Kantor Kesehatan Pelabuhan,” kata Nanik seperti dilansir dari Antara di Surabaya, Juat (21/1).

Nanik menjelaskan, dari seluruh kasus pada 2021 yang ditemukan, 29 persen merupakan warga luar Kota Surabaya. Hal itu karena ada pasien rumah sakit rujukan dari luar kota yang dilakukan testing HIV karena dicurigai terinfeksi virus tersebut.

”Sehingga menambah cakupan jumlah penemuan kasus di Kota Surabaya,” ujar Nanik.

Menurut dia, Pemkot Surabaya selama melakukan edukasi dan skrining/testing HIV secara intensif kepada kelompok dengan perilaku berisiko. Seperti, waria, pekerja seks, Lelaki Seks dengan Lelaki (LSL), pengguna narkoba suntik yang dilakukan petugas kesehatan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads