alexametrics

21 Bencana Selama Januari di Jatim, Banjir Tetap Jadi Ancaman Terbesar

21 Januari 2022, 14:48:29 WIB

JawaPos.com – Tak jauh beda dari perkiraan, bencana hidrometeorologi masih jadi ancaman terbesar di berbagai wilayah di Jatim selama musim hujan. Hingga pekan ketiga awal tahun ini, tercatat sudah ada 21 kejadian dengan kategori tinggi dan sedang.

Dari semua bencana itu, banjir akibat luapan sungai besar masih mendominasi. Bahkan, hingga kemarin, bencana tersebut masih melanda. Di antaranya di Madiun, Pasuruan, Probolinggo, Lamongan, dan sejumlah daerah lain.

Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, tercatat ada 12 bencana banjir yang terjadi sejak awal Januari. Disusul bencana angin kencang (selengkapnya lihat grafis).

Akibat semua bencana itu, sebanyak 9.176 KK terdampak. Empat warga dinyatakan meninggal. Sebanyak 368 rumah juga mengalami kerusakan. Itu belum termasuk kerugian materiil lainnya. ’’Mayoritas bencana didominasi banjir,’’ ucap Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jatim Dino Andalananto kemarin.

Bencana hidrometeorologi tersebut dipicu oleh La Nina. Bahkan, menurut informasi yang diperoleh BPBD dari BMKG, fenomena La Nina kali ini merupakan yang terkuat. ’’Ini dapat memicu bencana hidrometeorologi berpotensi tinggi. Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat waspada. Terutama di wilayah-wilayah rawan bencana,’’ katanya.

Dino melanjutkan, mitigasi dan langkah penanggulangan terus dilakukan pemprov. Termasuk perbaikan infrastruktur yang selama ini jadi penyebab bencana, terutama banjir.

Namun, memang tak semua bisa diperbaiki. Selain refocusing anggaran akibat pandemi, tidak semua tanggul bisa diperbaiki akibat persoalan kewenangan. ’’Salah satunya tanggul di Sungai Brantas. Pengelolaannya langsung dari pusat,’’ imbuhnya.

BENCANA HIDROMETEOROLOGI SELAMA JANUARI 2021

Jumlah kejadian : 21 kali

Jenis bencana:

– Banjir : 12 kali

– Angin kencang : 8 kali

– Bencana lain : 1 kali

Dampak:

– Korban meninggal : 4 orang

– Korban luka : 4 orang

– Kerusakan rumah : 368 unit

Warga terdampak : 9.176 KK

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c18/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads