alexametrics

192 Nakes Divaksin Covid-19, 5 Persen Alami Efek Demam dan Diare

21 Januari 2021, 15:15:53 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Husada Utama (RSHU) masih berlangsung. Hingga Rabu (20/1) jumlah peserta vaksinasi di RSHU telah mencapai 192 orang, baik tenaga kesehatan (nakes) maupun sumber daya manusia (SDM). Sebanyak 5 persen di antaranya mengalami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) seperti mengantuk, lemah, diare, dan demam.

Direktur RSHU dr Didi D. Dewanto SpOG menyatakan, tidak banyak peserta vaksinasi yang mengalami efek samping setelah diobservasi 30 menit di ruangan. Hanya sebagian kecil yang mengalami keluhan. Namun, keluhan tersebut masih dalam kategori wajar. ”Sebanyak 95 persen dari peserta vaksinasi tidak ada keluhan sama sekali,” katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Didi menjelaskan, keluhan-keluhan itu akan hilang seiring dengan berjalannya waktu. Sebab, mereka tidak membutuhkan pertolongan darurat karena divaksin. Sementara, hingga kemarin, total ada lima orang yang terpaksa ditunda disuntik vaksin. ”Mereka yang ditunda tersebut karena hipertensi ada dua orang, dua orang demam atau batuk pilek, dan satu orang masih menyusui,” bebernya.

Pelayanan vaksinasi Covid-19 di RSHU telah dimulai pada Jumat (15/1). Sebanyak 192 orang yang telah divaksin itu bukan hanya nakes dari RSHU. Total ada 15 persen di antaranya yang merupakan nakes dari luar RSHU. ”Jadi, kami juga melayani suntik vaksin untuk nakes dari luar RSHU. Sebab, mereka telah mendaftar tempat penyuntikan vaksin di RSHU,” jelasnya.

Didi menambahkan, target pelayanan vaksin Covid-19 tahap pertama bisa dituntaskan awal Februari. Kemudian, mereka akan meneruskan untuk suntikan kedua vaksin Covid-19. Di RSHU sendiri total ada 740 orang yang didaftarkan ke dalam sistem informasi SDM kesehatan (SISDMK). Jumlah itu termasuk SDM maupun nakes. ”Targetnya, dua minggu sejak hari ini (kemarin, Red) penyuntikan pertama selesai,” katanya.

Baca Juga: Soal Perpanjangan PPKM, Whisnu Akan Fokus Bantu Warga yang Terdampak

Pelayanan vaksinasi para nakes dan SDM dilaksanakan di lantai 6 gedung RSHU. Penyuntikan dilakukan dalam dua sesi setiap harinya. Rata-rata setiap hari melayani 30 orang. Para petugas vaksinasi pun menerapkan prokes dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Begitu juga prosedur pelayanan, harus melalui pengecekan suhu tubuh, tensi darah, saturasi oksigen, hingga skrining.

VAKSINASI NAKES DI RS HUSADA UTAMA

– Hingga kemarin, 192 orang divaksin.

– 95 persen tidak mengalami masalah.

– 5 persen alami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

– Vaksinasi terhadap 5 orang ditunda karena hipertensi, batuk, pilek, dan menyusui.

– Nakes yang divaksin tidak hanya berasal dari RSHU.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/c9/dio




Close Ads