alexametrics

Terkini, 9 Program Pengembangan Pulau Lumpur Sidoarjo

20 Oktober 2021, 10:13:22 WIB

JawaPos.com- Bagaimana kabar lumpur Sidoarjo (Lusi) terkini? Kemarin (19/20) siang, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono meninjau kawasan tersebut. Tepatnya, di Pulau Lusi, Tlocor, Kecamatan Jabon. Tahun depan, rencananya pemerintah membangun sejumlah infrastruktur pendukung pengembangan Pulau Lusi sebagai spot destinasi wisata.

Ada sembilan program pembangunan disiapkan untuk pengembangan pulau seluas 67,8 hektare itu. Yakni, pembangunan serambi, taman utama, taman lumpur, dan infrastruktur yang meliputi listrik, air bersih, sampah, dan menara BTS. Lalu, pengembangan perairan buatan, taman wanamina, taman botani, taman konvensi, dan eco-sport resort.

Dalam kesempatan itu, menteri KP menyatakan, di area Pulau Lusi perlu diperbanyak pohon cemara laut. Selain itu, tanaman mangrove (bakau) dengan jumlah yang besar. Tujuannya, kawasan itu menjadi ekosistem baru bagi pengembangan tanaman laut dan hewan laut. ’’Selain rindang, juga bisa menjadi tempat ekosistem baru. Termasuk kolam-kolam yang ada bisa dimanfaatkan dengan ditebar ikan dan kepiting,” jelas Wahyu.

Tampak ikut mendampingi kunjungan menteri KP tersebut, Wagub Jatim Emil Dardak, Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, dan beberapa pejabat terkait lainnya. Emil juga akan mendorong agar Pulau Lusi menjadi tempat konservasi alam dan destinasi wisata.

’’Kami akan identifikasi apa ruang-ruang kerja yang bisa diperankan Pemprov Jatim untuk mendukung inisiatif dari pokdarwis (kelompok sadar wisata), Pemkab Sidoarjo, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),’’ katanya.

Kendati saat ini masih berstatus sebagai aset KKP, Emil menyebut, ada sinyal bahwa pengelolaan Pulau Lusi juga akan melibatkan Pemkab Sidoarjo. Selama ini, Pulau Lusi atau Wisata Bahari Tlocor dikelola dengan cara swadaya oleh masyarakat melalui pokdarwis.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : uzi/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini: