alexametrics

Vaksin Disabilitas Dosis Pertama 100 Persen, Target Tuntas 3 Minggu

20 September 2021, 14:22:21 WIB

JawaPos.com–Vaksin dosis pertama bagi warga disabilitas di Surabaya mencapai angka 100 persen. Sementara untuk dosis kedua, masih di angka 50 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menegaskan, vaksin dosis kedua ditargetkan tuntas 3 minggu ke depan atau pada pertengahan Oktober. ”Vaksin disabilitas dosis pertama 100 persen. Dosis kedua 50 persen. Nanti pertengahan Oktober selesai,” kata Febria Rachmanita, Senin (20/9).

Capaian itu diakui Febria Rachmanita dilakukan dengan berbagai upaya. Sebab, Dinkes Kota Surabaya tidak hanya menyediakan tempat vaksin dan juga stok vaksin, namun juga giat vaksin door to door.

”Kalau warga disabilitas nggak bisa datang ke puskesmas atau lokasi vaksin, mereka akan ditemui langsung di rumah masing-masing atau door to door,” terang Febria Rachmanita.

Dua minggu lalu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melaksanakan, vaksinasi masal bagi warga disabilitas Surabaya. Selama tiga hari, 900 warga disabilitas mendapatkan vaksin.

Mantan Plt kepala DKRTH itu mengaku vaksinasi kepada kaum disabilitas memang memiliki tantangan tersendiri. Sehingga, tim penggerak PKK turun ke lapangan.

Mereka ditugaskan untuk bisa mengetahui dan merayu difabel yang takut jarum suntik, sehingga tim penggerak PKK diharapkan bisa mengajak mereka untuk tetap mengikuti vaksinasi. ”Itulah yang menjadi kebahagiaan kami, menjadi tantangan tersendiri bagi kami bagaimana kami tetap bisa melakukan vaksinasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” ujar Eri.

Eri meminta seluruh kader tim penggerak PKK untuk turun langsung ke lapangan supaya bisa mengetahui apakah masih ada di rumah-rumah atau perkampungan yang disabilitasnya belum divaksinasi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads