alexametrics

Lobster Bawean Diminati Luar Negeri, Sayangnya Ekspor lewat Perantara

20 September 2021, 11:14:59 WIB

JawaPos.com- Potensi Pulau Bawean, Gresik,  terbilang luar biasa. Bukan hanya eksotika sejumlah spot wisatanya. Namun, juga kekayaan hasil lautnya. Bahkan, hasil laut itu sangat diminati sejumlah negara. Di antaranya, Singapura dan Hongkong.

Kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Bawean, Kasi Kepabeanan dan Cukai V KPP Bea Cukai Gresik Eko Rudi Hartono menyatakan, hasil perikanan dari Pulau Bawean seperti kerapu, kepiting, dan lobster sudah memiliki pasar di luar negeri. Namun, proses ekspor masih melalui perantara dari Surabaya.

Padahal, apabila UMKM itu secara langsung melakukan ekspor ke pembeli di luar negeri, biaya yang dikeluarkan bisa ditekan. Dengan demikian, para nelayan itu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

’’Di sinilah peran dinas koperindag dan KPP Bea Cukai Gresik melalui program klinik ekspor membantu UMKM agar bisa melakukan ekspor lang_sung kepada pembeli,’’ ujarnya saat memberikan seminar di Bawean.

Eko juga menyampaikan, kehadirannya itu bertujuan membuka pikiran pelaku UMKM perikanan Bawean bahwa ekspor itu mudah. Yang penting, warga harus punya tekad melakukan ekspor, nanti dibantu oleh pemerintah.

Bea Cukai dan dinas terkait memiliki peran menjadi perantara tanpa mencari keuntungan. Untuk itu, pelaku UMKM akan dibimbing untuk bisa memenuhi persyaratan melakukan ekspor.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads