alexametrics

Ketika Warga Kampung Si Ahong Gencarkan Budi Daya Binahong

Banyak Dicari untuk Atasi Jerawat dan Luka
20 September 2021, 07:48:05 WIB

Warga RT 8, RW 9, Tanah Kali Kedinding, kompak membudidayakan binahong yang dikenal sebagai tanaman penyembuh luka. Binahong juga diolah menjadi aneka produk makanan dan minuman.

PULUHAN tanaman binahong berderet di sepanjang kanan kiri Jalan Tanah Merah Utara, Gang V, Kenjeran. Ketinggiannya beragam. Selain di pagar, tanaman yang konon berasal dari Korea itu memenuhi pintu dan garasi rumah warga.

”Kami sadar khasiat binahong sangat banyak untuk kesehatan,” kata Zumrotus Solihah, ketua PKK RT 8. Selain untuk mengatasi gagal ginjal, binahong bisa dimanfaatkan untuk mengobat asam urat dan stroke. ”Yang paling ngetren untuk obat jerawat. Khasiatnya ces pleng,” papar Zumrotus, lalu tersenyum.

Perkataan itu didukung pengalamannya. Selama ini, kata Zumrotus, banyak ibu-ibu yang berkunjung ke kampungnya. Ada yang meminta daun binahong. Ada pula yang membawa pulang bibit untuk dikembangkan sendiri. Sebagian besar percaya binahong mampu menghilangkan atau mencegah jerawat.

”Ngakunya dapat informasi dari medsos. Banyak ibu-ibu yang sudah mempraktikkan penyembuhannya,” jelas Zumrotus. Ibu dua anak itu menyebut penyembuhan jerawat dengan binahong cukup simpel. Yakni, tinggal memetik dan mengoleskan pada titik luka.

Menurut Zumrotus, kampungnya juga sering dikunjungi pasien korban kecelakaan. Mereka percaya binahong mampu mempercepat penyembuhan luka luar. Terutama luka akibat kecelakaan atau kebakaran. ”Saya punya saudara yang terluka di kakinya akibat kecelakaan. Dia sembuh dengan cepat setelah rajin mengonsumsi binahong,” tambah Zumrotus.

Tanaman binahong di Kampung si Ahong tidak sekadar memperindah lingkungan. Tanaman itu sudah melekat jadi identitas kampung. Sebab, warga telah sepakat untuk membudidayakannya. Mereka kompak menanam tanaman di depan rumah masing-masing. Hingga kini, sudah ada sekitar 50 rumah yang ditumbuhi binahong.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c13/nor

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads