alexametrics

Tiga Pegawai di Satu Sekolah Surabaya Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sarankan Sekolah Lockdown Sementara
20 Juni 2021, 20:34:12 WIB

JawaPos.com – Swab test dilakukan kepada seratus karyawan sebuah sekolah SMP dan SMA swasta di Kelurahan Tambaksari, Kecamatan Tambaksari, Sabtu pagi (19/6). Hal itu dilakukan setelah tiga pegawai sekolah yang berada dalam satu kompleks dinyatakan terpapar Covid-19. Guna memutus persebaran, kecamatan menyarankan agar sekolah di-lockown sementara waktu.

Satu per satu pegawai sekolah diambil sampel untuk uji PCR. Terpaparnya tiga pegawai sekolah membuat semua pihak waspada. Agar aman, swab test pun dilakukan.

Camat Tambaksari Ridwan Mubarun menyebutkan, sebelumnya hanya ada satu karyawan yang dinyatakan positif Covid-19. Setelah dilakukan tracing, ada tiga orang lain yang menjadi kontak erat. Uji usap dilakukan. Hasilnya, dua orang yang menjadi kontak erat dengan kasus pertama juga positif.

’’Setelah berkoordinasi dengan sekolah dan Puskesmas Pacar Keling, kami lakukan swab test hari ini (kemarin, Red). Ada sekitar 100 orang yang ikut serta,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, uji usap kali ini bukan swab antigen. Melainkan, murni metode PCR. Hasilnya akan keluar dalam 1–2 hari berikutnya.

Saat diketahui ada karyawan yang terpapar, sekolah masih melaksanakan pembelajaran secara daring atau online. Tidak ada aktivitas belajar tatap muka di sana. Karena itu, tidak sampai terjadi paparan kepada siswa.

Soal operasional sekolah, Ridwan mengatakan, ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, lockdown keseluruhan selama beberapa waktu. ’’Namun kalau enggan lockdown, aktivitas yang berjalan maksimal 25 persen saja,’’ katanya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads