alexametrics

Tinggal 72 CJH Belum Lunasi Biaya Haji, Hari Ini Terakhir Pelunasan

20 Mei 2022, 15:48:30 WIB

JawaPos.com – Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) berakhir hari ini (20/5). Dari 1.344 haji reguler kuota Surabaya, hingga Kamis (19/5) ada sebagian yang belum lunas. Tersisa 72 orang yang belum membayar biaya pelunasan ke bank penerima setoran.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Surabaya Ahmad Faisol Syaifullah menyampaikan, calon jemaah haji (CJH) masih punya waktu membayar bipih sampai hari ini. Biasanya, jelas dia, pelunasan dilakukan pada hari terakhir.

Itu mengacu pada kebiasaan tahun-tahun sebelumnya. ”Insya Allah, hari terakhir akan banyak jemaah yang melunasi,’’ kata Faisol.

Adapun CJH reguler yang sudah lunas sebanyak 1.272 orang. Di luar data reguler, ratusan CJH cadangan sudah melunasi bipih. Jumlahnya 213 orang. Faisol menyampaikan, CJH cadangan bisa berangkat ke Tanah Suci dengan mengisi slot porsi CJH reguler yang batal berangkat.

Itu akan disesuaikan dengan jumlah porsi yang melakukan pelunasan. Porsi cadangan yang sudah lunas akan naik sesuai dengan urutan. ”Kami tunggu sampai besok (hari ini, Red),’’ ujarnya.

Nominal bipih tahun 1443 H atau 2022 senilai Rp 42,5 juta. Ketentuannya, jika JCH sudah melunasi pada 2020 dan biaya pelunasan tidak ditarik, yang bersangkutan tidak perlu membayar kekurangan. Tapi, jika menarik biaya pelunasan 2020, CJH harus membayar kekurangan sesuai nominal bipih tahun ini.

”Tahun itu (2020, Red) kan ada sebagian yang menarik uang pelunasan. Tapi kalau tidak, ya sesuai dengan biaya haji tahun 2020,’’ jelas Faisol.

Sementara itu, persiapan menyambut CJH terus dilakukan di Asrama Haji Sukolilo. Sarana-prasarana sudah disiapkan. Mulai gedung tempat menerima CJH hingga gedung untuk persiapan pemberangkatan menuju bandara.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mar/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads