alexametrics

Ini Aturan Baru Penumpang Kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

20 Mei 2022, 12:35:08 WIB

JawaPos.com- Selain angkutan perkeretaapian, pemerintah mengubah aturan naik kapal laut. Penumpang yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua dan booster tak lagi wajib tes Covid-19. Meski begitu, operator kapal diwajibkan mengingatkan penumpang untuk menaati protokol kesehatan (prokes).

Kabid Lalu Lintas Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Nanang Efendi menyatakan bahwa aturan anyar itu sudah disampaikan operator. Kebijakan terkait dengan bebas tes Covid-19 sudah berlaku. ’’Harapannya, bisa mendorong kenaikan jumlah penumpang kapal,’’ kata Nanang.

Terkait dengan prokes, dia menyebutkan bahwa belum ada perubahan. Setiap penumpang wajib melalui pemeriksaan suhu. Mereka juga diwajibkan melakukan scanning aplikasi PeduliLindungi.

Nanang menyatakan bahwa kapal laut sudah diperbolehkan mengangkut penumpang hingga kapasitas maksimalnya atau seratus persen. Tidak ada pembatasan dari jumlah pengguna. Meski begitu, operator diminta untuk memperhatikan aturan di daerah yang menjadi tujuan kapal bersandar.

Manajer PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Tanjung Perak Doni Surya menyambut baik kebijakan anyar yang diambil pemerintah tersebut. Sebab, hal itu dikeluarkan pada masa permintaan tiket yang meningkat. ’’Arus balik masih terjadi. Kami berharap ini akan memulihkan pengguna angkutan kapal laut,’’ kata Nanang.

Sebelumnya, aturan terkait dengan bebas tes Covid-19 diterapkan pada angkutan perkeretaapian. Bukan hanya KA jarak jauh, melainkan juga KA perjalanan lokal. Syarat bepergian berubah seiring pelonggaran memakai masker.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : hen/c12/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads