CFD Akan Digelar di Jalan Raya MERR Surabaya

20 Mei 2022, 21:28:56 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surabaya akan menggelar car free day (CFD) di sepanjang jalan MERR. Rencananya, CFD itu digelar pada Minggu (29/5) pagi.

”Insya Allah rencananya tanggal 29 ada CFD di MERR. Ini yang pertama kalinya, ya,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hebi Agus Djuniantoro, Jumat (20/5).

CFD di tempat tersebut akan digelar pukul 06.00 hingga 10.00 WIB. Artinya, jadwal CFD akan kembali seperti sebelum masa pandemi.

Andhini Kusumawardani, Kabid Penataan dan Pengawasan LH mengatakan, rencana itu diwujudkan supaya warga Surabaya Timur bisa turut mengikuti CFD. Sebab biasanya, warga Surabaya Timur harus datang ke Surabaya Pusat atau Selatan untuk mengikuti CFD.

”Jadi memang dibuat supaya seluruh warga bisa ikut merasakan CFD,” ujar Andhini Kusumawardani.

Titik MERR yang akan digunakan untuk CFD berada di perempatan Kertajaya, kemudian lurus ke selatan hingga ke arah perempatan Jalan Arief Rahman Hakim.

Selain MERR, Andhini Kusumawardani menyebut terdapat beberapa titik lokasi yang akan digunakan sebagai CFD. Lokasi-lokasi itu bahkan sudah ditetapkan dalam Peraturan Wali Kota Surabaya (Perwali).

”Di antaranya adalah Jalan Kertajaya, Jalan Sedap Malam, dan Jalan Kembang Jepun,” papar Andhini Kusumawardani.

Bagaimana dengan CFD di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo? Dia menjelaskan, dua ruas jalan itu menjadi temapt utama untuk CFD.

”Itu sudah pasti tiap Hari Minggu. Kalau tempat-tempat lain itu akan digelar bergantian,” ucap Andhini Kusumawardani.

Aturan CFD tetap sama seperti sebelum Ramadan. Misalnya, masuk menggunakan check in PeduliLindungi, wajib mengenakan masker, dan akan menghadirkan stan atau booth untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads