alexametrics

Tunggu Dana, Wajah Alun-Alun Kota Surabaya Bakal Terus Dipercantik

20 April 2022, 09:30:01 WIB

JawaPos.com- Kawasan Alun-Alun Surabaya akan terus dikembangkan. Basemen yang sudah dibuka saat ini rencananya dikoneksikan dengan lahan di Jalan Pemuda 17 dan sebuah rumah bekas dokter.

Pengembangan basemen akan dilakukan di Jalan Yos Sudarso dengan menghubungkan lahan di sisi timur alun-alun, tepatnya Jalan Pemuda 17. Dengan begitu, akses masuk pengunjung bisa dari dua sisi. Melalui Balai Pemuda (Balpem) atau Jalan Pemuda 17 yang saat ini berupa lahan kosong.

Kabid Bangunan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Surabaya Iman Krestian mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Surabaya dan tim anggaran. Terutama terkait metode pelaksanaan pengerjaannya. ’’Pembangunan butuh anggaran cukup besar. Jadi, masih dibicarakan dengan tim anggaran,’’ ucapnya kemarin (19/4) siang.

Intinya, kata Iman, kawasan itu bisa dimanfaatkan secara optimal. Sebab, lahan di Jalan Pemuda 17 adalah aset pemkot. ’’Pengembangan seperti apa juga masih dibicarakan karena hal ini terkait dengan anggaran yang dialokasikan,’’ lanjutnya.

Pengembangan basemen dilakukan bertahap. Konsep besarnya, lahan di Jalan Pemuda 17 itu akan dibuat sama seperti alun-alun di Balpem. Mulai untuk kesenian, UMKM, dan area komersial lain. Area tersebut akan mendukung alun-alun di Balpem. ’’Rumah bekas dokter nanti juga jadi satu kawasan,’’ imbuhnya.

Bangunan tersebut, lanjut Iman, sudah menjadi aset pemkot. Renovasi juga sudah dilakukan. Hanya, sifatnya ringan. Yakni, pengecatan dan penggantian genting. Sebab, kondisi bangunan itu masih sangat bagus.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : omy/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: