alexametrics

Bahaya, Sungai Tambak Wedi Tercemar Partikel Mikroplastik

20 Maret 2021, 19:13:17 WIB

JawaPos.com–Di Sungai Tambak Wedi Surabaya, gulungan salju tampak di bagian permukaan air. Lembaga Penelitian Ecoton bersama Komunitas Tolak Plastik (KTP) sekali pakai dan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Surabaya (Mupalas) mengatakan, dalam 100 liter air Sungai Tambak Wedi ditemukan 20 partikel mikroplastik.

”Air Sungai Tambak Wedi terkontaminasi mikroplastik jenis fiber. Jumlahnya 20 partikel dalam 100 liter air,” ungkap Cici Eka Rahayu, anggota KTP pada Sabtu (20/3).

Dengan menggunakan mikroskop binokuler perbesaran 40–100 kali, ditemukan partikel mikroplastik jenis fiber sebesar 20 micrometer (20 micron). Dia menjelaskan, mikroplastik fiber bersumber dari serpihan tekstil dari pakaian yang umumnya terbuat dari polyester (plastik).

”Mikroplastik jenis fiber selalu mendominasi temuan partikel mikroplastik di perairan. Hal ini karena limbah cair rumah tangga atau limbah domestik dari pemukiman tidak memiliki sistem pengolahan, langsung dibuang ke sungai. Limbah sisa cucian atau laundri tanpa disaring langsung terbuang ke sungai,” tutur Eka Chlara Budiarti, peneliti Mikroplastik Ecoton.

Alumnus Jurusan Kimia Universitas Diponegoro Semarang itu mengkhawatirkan temuan mikroplastik di Sungai Tambak Wedi. Sebab, mikroplastik merupakan senyawa gangguan hormon. Jika masuk tubuh manusia akan menimbulkan gangguan reproduksi dan sistem hormon.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads