alexametrics

Material Pelat Nomor Langka, Polda Jatim Perbolehkan Pakai Yang Lama

20 Januari 2022, 11:48:54 WIB

JawaPos.com – Material pelat nopol kendaraan di sejumlah samsat habis. Imbasnya, wajib pajak tidak bisa langsung mendapatkan pelat nopol baru bagi yang mengurus pajak lima tahunan. Mereka hanya menerima bukti pelunasan pajak dan tetap memakai pelat nopol lama.

Dirlantas Polda Jatim Kombespol Latif Usman menyatakan, kondisi itu mulai terjadi awal pekan ini di sebagian besar samsat. ”Kebanyakan yang habis roda empat. Untuk roda dua, sebagian,” ujarnya Rabu (19/1).

Dia belum bisa memastikan siapnya material tersebut. Sebab, material itu berasal dari Korlantas Mabes Polri. Latif menjelaskan, sementara ini, wajib pajak lima tahunan akan diberi tanda khusus setelah membayar. Bentuknya berupa stempel di STNK. Begitu juga pemilik kendaraan baru. ”Fotokopi berkasnya dibawa petugas. Di situ pemilik kendaraan diminta mencantumkan nomor telepon. Jadi, kalau pelat sudah jadi, akan dihubungi untuk mengambil,” paparnya.

Menurut dia, wajib pajak tidak perlu khawatir ketika terjaring razia lalu lintas dan belum ganti pelat baru. Sebab, bukti pelunasan pajak di STNK bisa menjadi penanda bahwa wajib pajak telah menyelesaikan kewajibannya. Dengan begitu, pengendara tidak akan ditilang.

Latif mengungkapkan, kelangkaan itu bukan kali pertama terjadi. Dia memastikan pelat nopol bakal langsung didistribusikan saat sudah tersedia.

Disinggung tentang habisnya material berkaitan dengan rencana perubahan warna pelat nopol atau tidak, mantan Wadirlantas Polda Metro Jaya tersebut belum mendapat petunjuk dari pusat. ”Yang pasti, saat ini stok material memang habis di beberapa samsat. Khususnya roda empat. Nanti, kalau sudah ada, kami sampaikan ke wajib pajak,” tutur perwira asal Kebumen tersebut. 

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : edi/c14/eko

Saksikan video menarik berikut ini: