alexametrics
Pilwali Surabaya

PAN Sosialisasikan Machfud Arifin, PKS Rampungkan Penjaringan

20 Januari 2020, 19:07:43 WIB

JawaPos.com – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyelenggarakan rapat koordinasi daerah (rakorda) kemarin (19/1). Agendanya adalah pilwali Surabaya.

Rakorda PAN diadakan di Hotel Singgasana. Seluruh pengurus di tingkat DPD (kota), DPC (kecamatan), dan PAC (kelurahan) hadir. Salah satu agenda pentingnya adalah sosialisasi hasil rekomendasi DPP (dewan pimpinan pusat) yang mengusung mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota Surabaya.

Ketua DPD PAN Surabaya Hafid Suaidi menyatakan, rekomendasi itu sudah final dan tidak bisa diganggu gugat. Karena itu, seluruh kader di level akar rumput wajib mendukungnya. ’’Kami sosialisasikan bahwa ini (Machfud Arifin, Red) adalah kandidat yang kami usung,’’ ujarnya.

Di pihak lain, rakorda PKS dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo. Agenda utamanya menyangkut running pilwali. Seluruh kader dan pengurus di tingkat kecamatan dan kelurahan juga hadir. Termasuk Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto mengungkapkan, yang menjadi pembahasan utama adalah progres lima bacawali yang terjaring dalam konvensi internal beberapa waktu lalu. ’’Kami rampungkan penjaringan dulu. Nanti lima nama itu dikerucutkan menjadi dua nama,’’ jelasnya.

Suyanto menambahkan, kandidat ditentukan berdasar hasil survei dalam tiga bulan mendatang. Nama kandidat dengan hasil survei terbaik bakal dikirim ke DPP. ’’Itu nanti harus di-running kader dan pengurus di bawah,’’ katanya.

Sementara itu, sejumlah warga yang tergabung dalam relawan Risma Selamanya melakukan deklarasi kemarin. Mereka berkumpul di Patung Suroboyo, Kedungcowek, untuk menyuarakan keinginan agar Eri Cahyadi maju sebagai bakal calon wali kota. Mereka membawa poster dan spanduk dengan berbagai tulisan. Salah satunya bertulisan ’’Gantikan Risma Itu Mudah, Meneruskan Kebaikannya Yang Susah’’. Ada pula yang membawa spanduk bertulisan ’’Kami Percaya Eri Cahyadi Bisa’’.

Koordinator relawan Rudi Cahyono menilai, Eri merupakan representasi Wali Kota Tri Rismaharini. Latar belakangnya sama, yakni birokrat. ’’Beliau juga pekerja keras, peduli lingkungan, dan memahami manajemen teknis tata kota,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Eri mengaku tidak mengetahui acara tersebut. Menurut dia, itulah inisiatif warga. Dia tidak mau berandai-andai terkait dengan kemungkinan maju sebagai bakal calon wali kota. ’’Saat ini saya berfokus pada kerja dan pengabdian ke masyarakat,’’ jelasnya.

Di sisi lain, dukungan kepada Zahrul Azhad As’ad alias Gus Hans juga terus mengalir. Wakil ketua DPD Golkar Jatim itu dianggap mampu menjadi penerus Risma. ’’Secara kapabilitas sudah teruji,’’ ujar Achmad Zainal Efendi, koordinator relawan Kopiah Ireng.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : adi/c14/eko


Close Ads