alexametrics

Bunga Tabebuya Mekar Serentak, Surabaya Rasa Jepang

19 November 2019, 11:03:34 WIB

JawaPos.com – Kota Surabaya kini sedang indah-indahnya. Sebab, bunga tabebuya di seluruh wilayah mekar serentak. Pemandangan mirip suasana di Jepang sangat terasa.

Tabebuya memang mirip bunga sakura yang ada di Jepang. Padahal, tabebuya adalah tanaman asal Brasil. Sudah lima tahun ini Pemkot Surabaya sukses membudidayakan tanaman tersebut.

Tabebuya ditanam setiap pemkot selesai merevitalisasi jalur pedestrian. Tanaman-tanaman besar yang merusak jalur pejalan kaki dirobohkan, lalu diganti tabebuya. ”Pohon sono (angsana, Red) misalnya. Kami sudah tak menyediakan bibitnya,” ujar Sekretaris Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DK RTH) Surabaya Ipong Wisnoewardono kemarin (18/11).

Bunga Tabebuya yang mekar di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Surabaya. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Awalnya pemkot membeli tabebuya di Kota Batu. Setelah dipelajari, tanaman itu ternyata bisa dibudidayakan sendiri di kebun bibit milik pemkot. Dengan begitu, anggaran bisa lebih dihemat. Penyebaran tabebuya hingga pelosok kota pun bisa dilakukan dengan cepat.

Ipong menerangkan, Wali Kota Tri Rismaharini memilih tanaman tabebuya karena keindahannya. Bunga tabebuya punya warna beragam. Otomatis, nuansa kota lebih berwarna-warni.

Tabebuya yang sudah berumur tua berada di jalur utama tengah kota. Mulai di frontage road Jalan A. Yani, Raya Darmo, Raya Diponegoro, balai kota, hingga kawasan Tugu Pahlawan. Di sanalah tabebuya berbunga lebat. Warga memanfaatkannya sebagai spot selfie. Tinggal diedit sedikit, fotonya sudah terlihat seperti di Jepang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : sal/c9/oni



Close Ads