alexametrics

Tiga Pasar Baru di Surabaya Ini Butuh Pehatian Pemkot

19 Mei 2022, 22:14:27 WIB

JawaPos.com- Sudah tiga tahun Pasar Gunung Anyar, Pasar Kutisari, dan Pasar Penjaringan Sari diresmikan. Namun, tiga pasar yang dibangun dengan dana APBD itu belum juga ramai. Pedagang berharap pemkot ikut turun tangan meramaikan pasar tersebut.

Dari pengamatan, Pasar Penjaringan Sari tampak sepi. Hanya ada dua pedagang yang membuka lapaknya. Itu pun bukan untuk berjualan kebutuhan sehari-hari, melainkan penjual makanan dan minuman.

Pasar yang diresmikan pada 2018 itu sebenarnya mampu menampung 100 pedagang. Namun, penjual yang masih bertahan sampai saat ini hanya 10 orang. Meski tempatnya strategis, pasar tersebut tetap sepi. ”Masih ada yang berjualan, namun tidak banyak,’’ terang Hera, salah seorang pedagang Pasar Penjaringan Sari.

Pemandangan serupa terlihat di Pasar Gunung Anyar. Aktivitas di pasar tersebut tampak lesu. Kegiatan jual beli hanya terlihat saat pagi. Itu pun tidak seramai pasar-pasar lain. ”Pasar Gunung Anyar ini sifatnya lumintu, artinya pembeli datang dan pergi. Stan yang ada juga belum terisi semua,’’ kata Koordinator Operasional Pasar Gunung Anyar Kemas A. Chalim.

Chalim dan pedagang sudah meminta pemkot memperhatikan kondisi pasar yang sepi. Untuk meramaikan pasar, konsep pasar diubah, dari pasar yang menjual bahan pokok menjadi pasar wisata. ”Yang berjualan pelaku UMKM,’’ paparnya.

Usulan itu sudah disampaikan kepada pemkot. Namun, pemkot punya rencana lain. Pasar Gunung Anyar akan dijadikan pasar higienis.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads