alexametrics

SK Guru PPPK Belum Turun, Warga Curhat ke DPRD Surabaya

19 Mei 2022, 19:13:17 WIB

JawaPos.com–Surat keputusan (SK) guru yang diterima sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) belum juga diterima hingga kini. Warga pun curhat ke DPRD Kota Surabaya.

Kamis (19/5), pada masa reses, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Khusnul Khotimah menerima sejumlah keluhan dari warga saat melakukan reses di wilayah Surabaya Utara.  Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN), PPPK guru termasuk dalam kategori ASN.

Seperti PNS, PPPK guru maupun nonguru mendapatkan gaji dari negara. Menurut Khusnul, ratusan guru PPPK di Surabaya hingga kini masih belum jelas nasibnya. Sebab, mereka tidak tahu kapan surat keputusan (SK) pengangkatannya itu turun dan ditempatkan dimana.

”Saya sangat prihatin dengan nasib para guru PPPK ini. Saat saya menggelar reses, mereka mengeluh statusnya yang masih belum jelas. SK belum turun dan belum tahu ditempatkan dimana. Mereka gundah karena ketidakjelasan ini,” tutur Khusnul.

Anggota dewan asal PDI Perjuangan itu mengatakan, jumlah guru PPPK yang dinyatakan lulus pada tahap pertama sebanyak 470 guru. Untuk tahap pertama, tidak ada kendala, karena pada 2 Juni segera mendapat kepastian mereka penempatan.

Sedangkan untuk jumlah guru PPPK yang lulus tahap kedua, lanjut Khusnul, jumlahnya 413 orang. Guru PPPK yang tahap dua ini yang sampai saat ini nasibnya belum jelas.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads