alexametrics

Simulasi Pemadaman, Api Harus Sudah Mati Kurang dari Tiga Menit

19 Mei 2022, 22:08:54 WIB

JawaPos.com- Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, menggelar simulasi dan pelatihan pemadaman api. Api berkobar di depan kantor Kecamatan Pabean Cantian kemarin (18/5). Bergegas Irawati mengambil alat pemadam api ringan (APAR) dan lantas menyemprotkan ke titik api. Sekejap kobaran api berhasil dipadamkan.

’’Saat memadamkan api dengan APAR, tangan sempat gemetar. Soalnya, baru kali pertama ikut latihan pemadaman api dan pencegahan kebakaran,’’ tutur Irawati di kantor Kecamatan Pabean Cantian kemarin (18/5).

Itu merupakan simulasi pelatihan pencegahan dan penanganan kebakaran. Perempuan 39 tahun tersebut merupakan kader Masyarakat dan Keluarga Siaga Kebakaran (Madagaskar) Kelurahan Perak Timur.

Bagi dia, pelatihan yang diberikan PMK Surabaya sangatlah bermanfaat. Irawati menjadi mengerti cara penanganan pertama menanggulangi bencana kebakaran. Mulai langkah pencegahan, penanggulangan, hingga penanganan korban kebakaran.

Sub Koordinator Pembinaan Aparatur dan Pemberdayaan Masyarakat PMK Surabaya Jatmiko mengatakan, ratusan kader Madagaskar dibentuk. Mereka tersebar di setiap kelurahan di Surabaya. Minimal ada satu kader di setiap kelurahan. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ian/c17/ady

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads