alexametrics

Pemkot Surabaya Rombak Sistem Antrean di Puskesmas

19 Mei 2022, 22:22:51 WIB

JawaPos.com- Pemkot Surabaya akhirnya merombak sistem antrean puskesmas. Pelayanan online yang selama ini berjalan dibenahi agar jauh lebih cepat. Harapannya, pasien yang datang ke puskesmas tidak menunggu terlalu lama dan segera mendapatkan penanganan.

Pembenahan layanan puskesmas itu menindaklanjuti hasil sidak Wali Kota Eri Cahyadi pekan lalu. Saat di puskesmas, Eri sempat berbincang dengan warga yang mengeluh karena tidak kunjung dilayani petugas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Nanik Sukristina mengatakan, sistem antrean puskesmas dibenahi secara bertahap. Pelayanan yang kurang dievaluasi. Dengan begitu, tidak ada lagi persoalan yang timbul di kemudian hari. ”Kami targetkan pekan depan sudah rampung dan bisa diterapkan semua,’’ katanya.

Perbaikan difokuskan pada sistem antrean yang terintegrasi dengan sistem rujukan. Sesuai keinginan wali kota agar nama pasien bisa terpampang di setiap unit layanan. Dengan demikian, mereka tahu kapan giliran diperiksa. ”Ada TV yang terpampang di setiap poli. Nanti informasi nomor dan nama pasien ada di sana,’’ ujarnya.

Alur layanan juga dibenahi. Saat pasien datang, mereka akan langsung diarahkan ke pendaftaran. Selanjutnya, antre di poli yang dituju. Skrining awal dilakukan oleh perawat. Hasilnya ditindaklanjuti oleh dokter poli.

Pada tahap akhir, pasien akan mendapatkan penjelasan penanganan medis apa yang dibutuhkan. ”Kalau butuh rujukan, akan langsung di- entry data ke sistem rujukan. Pasien tinggal berangkat ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis di sana,’’ katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : gal/c6/aph

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads