alexametrics

Mayoritas Kecelakaan Lalu Lintas di Gresik Terjadi Pukul 06.00–12.00

19 Mei 2022, 20:57:27 WIB

JawaPos.com- Kecelakaan maut di pertigaan Bungah pada Rabu (18/5) menambah daftar panjang kematian di jalan raya wilayah hukum Gresik. Satlantas Polres Gresik mencatat, jumlah kecelakaan lalu lintas di Kota Pudak terbilang tinggi.

Sebetulnya, sejumlah upaya pencegahan pun terus dilakukan. Namun, hal tersebut belum mampu menekan angka kecelakaan. Selama 2021, misalnya. Satlantas Polres Gresik mencatat ada 641 kasus kecelakaan lalu lintas. Jumlah tersebut hanya selisih tipis jika dibandingkan pada 2020 dengan catatan 643 kasus.

Dalam berbagai kesempatan, Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi menyatakan bahwa faktor kecelakaan mayoritas disebabkan kelalaian pengemudi. Perwira dengan tiga balok di pundaknya itu memerinci kelalaian para korban.

Sebut saja di antaranya, melebihi batas kecepatan, melanggar tata cara mendahului, dan tidak memberikan prioritas. ’’Termasuk tidak tertib berkendara dan melanggar rambu lalu lintas,’’ paparnya.

Dari seluruh peristiwa tersebut, pihaknya pun memetakan kawasan yang rawan terjadi kecelakaan. Yakni, wilayah Kecamatan Duduksampeyan, Bungah, Sidayu, Menganti, Driyorejo, Wringinanom, dan Kedamean. ’’Termasuk meningkatkan patroli di lokasi dan jam rawan pelanggaran,’’ jelasnya.

Dari hasil analisis dan evaluasi, mayoritas pelanggaran dan kecelakaan terjadi pada jam padat kendaraan. Yakni, pukul 06.00 hingga 12.00 WIB. ’’Kami juga terus berupaya melakukan pencegahan. Termasuk memaksimalkan teknologi untuk mengantisipasi pelanggaran lalu lintas,’’ pungkasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads