alexametrics

Dilantik, 196 Dokter Baru Fakultas Kedokteran Unair

19 Mei 2022, 22:03:06 WIB

JawaPos.com- Masalah distribusi dokter di Indonesia yang tidak merata menjadi perhatian Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Karena itu, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) pun mendorong para lulusan dokter untuk mau mengabdi di seluruh pelosok daerah di Indonesia.

Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan Kemenkes agar pengabdian para lulusan dokter FK Unair bisa merata. Dekan FK Unair dr Budi Santoso SpOG (K) mengatakan, ada 196 dokter FK Unair yang dilantik secara offline 100 persen kemarin (18/5).

Nah, mereka diarahkan untuk melakukan pengabdian di seluruh daerah di Indonesia. Khususnya, tidak menumpuk di kota-kota besar. ’’Problem di Indonesia adalah kekurangan dokter dan dokter spesialis. Namun, yang menjadi masalah lainnya adalah terjadi maladistribusi tenaga dokter di Indonesia,” katanya.

Budi menuturkan, banyak lulusan dokter yang ingin mengabdi di kota-kota besar. Contohnya, kota besar di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Makassar. Hal itu tentu menjadi masalah besar karena dokter menumpuk di kota-kota tertentu. Sementara itu, daerah terpencil, tertinggal, dan terdepan kekurangan dokter karena distribusinya tidak merata.

’’Kami berusaha berkoordinasi dengan Kemenkes dan pemda agar pelaksanaan pengabdian lulusan FK Unair bisa merata ke seluruh daerah,” ujarnya.

Kemarin sebanyak 196 dokter berhasil disumpah untuk periode kedua 2022. Mereka lulus uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter (UKMPPD) yang dilaksanakan Februari lalu. ’’Mereka lulus selama dua tahun pada saat pandemi,” katanya.

Elena Ghentilis Fitri Amelia, salah seorang dokter yang dilantik, mengatakan bersyukur bisa dilantik sebagai dokter meski mengalami keterbatasan bertemu pasien untuk belajar. Kini dia ingin mengabdikan diri di Kalimantan Timur. ’’Kebetulan saya juga dari Kalimantan. Jadi, saya memilih kembali ke Kalimantan untuk internship,” katanya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c7/ai

Saksikan video menarik berikut ini: