alexametrics

Boleh Dilepas, Epidemiolog Minta Warga Tetap Gunakan Masker

19 Mei 2022, 19:09:14 WIB

JawaPos.com–Per Selasa (17/5), Presiden Joko Widodo memperbolehkan warga untuk tidak menggunakan masker di ruang terbuka. Meski demikian, epidemiolog memiliki pendapat berbeda.

Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga Surabaya Windhu Purnomo meminta warga tetap menggunakan masker. Alasannya, kondisi pandemi di Indonesia belum dalam situasi aman.

”Kalau saya ditanya kapan (bisa lepas masker), ya jangan sekarang. Mestinya tunggu sampai sebulan, kenaikan tren kasus pasti berkaitan dengan mobilitas masyarakat itu dua atau empat minggu setelah hari besar,” papar Windhu pada Kamis (19/5).

Windhu menilai, Indonesia belum masuk masa endemi. Meski demikian, dia menilai, situasi Covid-19 akan stagnan, alias tidak ada peningkatan.

”Saya memprediksi, sampai awal Juni makin turun. Saya tidak khawatir ada lonjakan kasus, asal tidak ada varian baru. Karena pelaku lonjakan kasus itu varian baru, kombinasi dengan mobilitas, tapi kalau tidak ada varian baru pasti tidak akan lonjakan baru. Kita bisa memasuki masa endemi,” jelas Windhu.

Windhu justru khawatir dengan persepsi warga atas aturan tanpa masker. Warga berpikir bahwa Indonesia sudah bebas dari pandemi.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads